Amesto, Dimas (2010) Pelatihan Teknik Sinkopasi Pada Kelompok Rebana Al-Ikhlas Dusun Ngipiksari Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Insitut Seni Inddonesia Yogyakarta.
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (35MB) |
Abstract
Rebana atau terbang merupakan buah karya anak bangsa yang telah mendunia dan mewarnai khasanah musik Nusantara. Rebana merupakan salah satu warisan instrumenmesik yang mengalami perjalanan panjang dari masa ke masa. Pengaruh kebudayaan Semenanjung Arab dan Persia turut mewarnai perkembangan rebana hingga menjadi seperti sekarang ini. Rebana identik dengan musik Islami dan berbagai kesenian tradisional diantaranya hadroh, marawis dan berbagai acara dan upacara tradisional yang memainkan teknik sinkopasi. Sinkopasi adalah salah satu teknik dalam dunia musik (perkusi) yang dapat memberi warna dalam sebuah komposisi musik yang menggunakan rebana sebagai salah satu instrumentitmisnya. Sinkopasi merupakan teknik yang selalu menarik untuk dibahas. Teknik ini belum umum dipakai dalam penulisan notasi balok pada aransemen lagu untuk ansambel rebana. Melalui metode pengamatan langsung penulis mendapatkan jawaban babwa teknik sinkopasi memberikan pengalaman auditif yang berbeda bagi pelaku dan penikmat musik rebana pada khususnya dan penikmat musik pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | rebana, teknik sinkopasi, penulisan notasi balok | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | susilo SW wati | |||||||||
Date Deposited: | 29 May 2022 14:56 | |||||||||
Last Modified: | 29 May 2022 14:56 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11474 |
Actions (login required)
View Item |