Metode Pembelajaran Musik Analitik (PMA): Strategi Optimalisasi Pembelajaran Karawitan Bali Di Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yogyakarta

Cau Arsana, I Nyoman and Made Ngurah Yogia Dwiyandra, Gusti (2020) Metode Pembelajaran Musik Analitik (PMA): Strategi Optimalisasi Pembelajaran Karawitan Bali Di Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
I Nyoman Cau Arsana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pembelajaran musik analitik (PMA) dalam Karawitan Bali, salah satu mata kuliah praktik yang diberikan kepada mahasiswa di Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yogyakarta. Metode PMA merupakan cara belajar praktik Karawitan Bali dengan cara menganalisis materi ajar terlebih dahulu, sebelum mahasiswa mempraktikkan materi tersebut dalam ansambel gamelan Bali, salah satunya adalah gong kebyar. Analisis yang dilakukan adalah analisis tekstual seperti klasifikasi dan fungsi instrumen, struktur gending (estetika/lango), dan pola tabuhan (teknik/gagebug) tiap-tiap instrumen yang terimplementasi dalam struktur gending yang dipelajari, serta analisis kontekstual berkaitan dengan konsep masyarakat (filsafat/tattwa) yang berkaitan dengan teknik/pola tabuhan dalam karawitan Bali. Metode ini diharapkan dapat memecahkan persoalan pembelajaran pada praktik Karawitan Bali yang tadinya dipandang rumit dan sulit dipelajari oleh mahasiswa, berubah menjadi pengalaman praktik yang mudah dan menyenangkan. Di samping itu, penerapan metode PMA dalam praktik Karawitan Bali juga diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa terhadap karawitan Bali secara lebih komprehensif, tidak saja berkaitan dengan keterampilan menabuh gamelan Bali dari sisi praktik (psikomotorik), namun juga menyentuh aspek pengetahun (kognitif) dan sikap (apektif). Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pengumpulan data dan tahap analisis data. Tahap pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, wawancara, dan diskografi. Tahap analisis data dilakukan dengan cara menganalisis materi ajar yang dipilih sehingga dapat menemukan metode PMA dalam materi tersebut. Luaran dari penelitian ini berupa artikel dimuat di jurnal dan makalah yang diseminarkan dalam seminar nasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Cau Arsana, I Nyomannidn0007117104
Made Ngurah Yogia Dwiyandra, Gustinim1910706015
Uncontrolled Keywords: metode, pembelajaran musik analitik, karawitan Bali
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:40
Last Modified: 08 Jun 2022 01:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item