Penerapan Pola Berbasis Warna Pada Pembelajaran Lagu Ferris Wheel Untuk Anak Usia 5-7 Tahun di Kawai Music School Lumajang

Kuncoro, Tabita Sabathini (2022) Penerapan Pola Berbasis Warna Pada Pembelajaran Lagu Ferris Wheel Untuk Anak Usia 5-7 Tahun di Kawai Music School Lumajang. Skripsi thesis, Insitut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Tabita Sabathini Kuncoro_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Tabita Sabathini Kuncoro_2022_BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Tabita Sabathini Kuncoro_2022_BAB V (PENUTUP).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tabita Sabathini Kuncoro_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Tabita Sabathini Kuncoro_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
Tabita Sabathini Kuncoro_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tahap awal yang harus dikuasai dalam pembelajaran piano adalah membaca notasi balok karena membaca notasi balok sebagai penunjang bermain musik. Terdapat beberapa faktor penghambat kemampuan siswa dalam membaca notasi balok, yaitu kurangnya media pembelajaran yang menarik khususnya bagi anak usia 5-7 tahun di sekolah musik KAWAI School Luamajang hal tersebut menjadi hambatan dalam membaca notasi musik. Ada beberapa metode yang dapat membantu proses pembelajaran yaitu metode imitasi, demontrasi, metode pola warna adalah strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa pada pembelajaran piano khususnya membaca notasi balok dalam bentuk tangga nada C Mayor pada kunci G dan kunci F serta pembelajaran lagu dari kurikulum KAWAI yaitu dari lagu Ferris Wheel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan informasi yang menyeluruh dan jelas terhadap situasi sosial yang diteliti sehingga menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan atau gambar tidak menekankan pada angka. Lokasi penelitian ini di Kawai Music School Lumajang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi aktif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah lima (5) siswa usia 5-7 tahun. Dari hasil penelitian adalah siswa dapat memainkan notasi balok pada piano dengan metode warna menggunakan kedua tangan memiliki peningkatan dalam bermain lagu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kuncoro, Tabita Sabathininim17101070132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPrasetiyo, Ayubnidn0020077505
Contributorhadi, Surtinidn0005077006
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Notasi balok, Piano, Media Warna
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Tabita Sabathini Kuncoro
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:57
Last Modified: 08 Aug 2022 01:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11712

Actions (login required)

View Item View Item