Rizki Dermawan, Moch (2022) Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Tari Di SMP Negeri 16 Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Moch. Rizki Dermawan_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Moch. Rizki Dermawan_2022_BAB I.pdf Download (671kB) |
|
Text
Moch. Rizki Dermawan_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (276kB) |
|
Text
Moch. Rizki Dermawan_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (630kB) |
|
Text
Moch. Rizki Dermawan_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) adalah sebuah model pembelajaran yang dapat diterapkan pada kegiatan ekstrakulikuler. Model PAIKEM yang digunakan oleh guru ekstrakulikuler tari di SMP Negeri 16 Yogyakarta menjadikan peserta didik merasa tertarik dan mudah menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan. Penggunaan model PAIKEM bisa meningkatkan prestasi peserta didik salah satunya Juara I Lomba Tari Kreasi Tingkat Nasional. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan model PAIKEM yang diterapkan pada kegiatan ekstrakulikuler tari di SMP Negeri 16 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan pada kegiatan ekstrakulikuler tari dengan materi Tari Sekar Pudyastuti, dengan subjek penelitian guru ekstrakulikuler tari dan peserta didik ekstrakulikuler tari. Lokasi penelitian di SMP Negeri 16 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi teknik, analisis data yang digunakan dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PAIKEM berjalan lancar pada kegiatan ekstrakulikuler tari sesuai dengan enam tahapan PAIKEM. Kriteria aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan juga terdapat dalam kegiatan ekstrakulikuler tari. Kriteria aktif dan menyenangkan lebih mendominasi dari kriteria yang lain sehingga membuat peserta didik memiliki rasa percaya diri serta siap untuk berkompetisi dalam meningkatkan prestasi bidang tari. Rasa percaya diri ditunjukkan oleh peserta didik yang lebih cepat merespon perintah guru dengan melakukan tindakan lebih cepat dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | model PAIKEM, ekstrakulikuler tari, deskripsi kualitatif | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Moch. Rizki Dermawan | |||||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2022 08:19 | |||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2022 08:19 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11887 |
Actions (login required)
View Item |