Sinaga, Jocelyn Aurellia (2022) Penerapan Metode Dalcroze Dalam Pembelajaran Musik Anak Berkebutuhan Khusus Secara Daring Di Omah Semangart Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
JOCELYN AURELLIA SINAGA_2022_BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
JOCELYN AURELLIA SINAGA_2022_BAB V (PENUTUP).pdf Download (1MB) |
|
Text
JOCELYN AURELLIA SINAGA_2022_JURNAL.pdf Download (6MB) |
|
Text
JOCELYN AURELLIA SINAGA_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
JOCELYN AURELLIA SINAGA_2022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Jocelyn _persetujuan pub-1.pdf Download (798kB) |
Abstract
Pembelajaran di masa pandemi ini mengalami perubahan, yang awalnya diterapkan secara tatap muka namun saat ini pembelajaran harus berubah menjadi pembelajaran daring. Permasalahan yang ditemukan di dalam proses pembelajaran musik di Yayasan Omah Semangart adalah metode pembelajaran yang sebelumnya digunakan di dalam pembelajaran tatap muka (memanfaatkan musik kreatif) tidak dapat digunakan secara maksimal di dalam pembelajaran daring. Faktor penghambat jika menerapkan pembelajaran musik kreatif dalam pembelajaran secara daring adalah akan menimbulkan suara delay dalam proses belajar mengajarnya. Metode Dalcroze menyarankan tiga hal yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, diantaranya: eurythmics, solfeggio dan improvisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam proses belajar mengajar pada kelas musik anak berkebutuhan khusus yang dilakukan secara daring di Yayasan Omah Semangart, dan untuk mengetahui penerapan dan hasil penerapan metode Dalcroze terhadap kelas musik anak berkebutuhan khusus secara daring di Yayasan Omah Semangart Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dimana peneliti akan mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam sebuah proses penelitian. Fenomena dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran musik bagi anak berkebutuhan khusus (tunanetra) di Yayasan Omah Semangart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan dan wawancara terstruktur. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 1 siswa tunanetra. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Dalcroze dapat diterapkan di dalam kelas musik anak berkebutuhan khusus, khususnya dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; musik; anak berkebutuhan khusus; Dalcroze | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Jocelyn Aurellia Sinaga | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 00:32 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 06:26 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11955 |
Actions (login required)
View Item |