Kreasi Kuda Lumping Sebagai Motif Sumber Penciptaan Batik Tulis Kain Panjang

Sinara Dwiyanti, Risvi (2022) Kreasi Kuda Lumping Sebagai Motif Sumber Penciptaan Batik Tulis Kain Panjang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Risvi Sinara Dwiyanti_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Risvi Sinara Dwiyanti_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
Risvi Sinara Dwiyanti_2022_BAB V Penutup.pdf

Download (655kB)
[img] Text
Risvi Sinara Dwiyanti_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Risvi Sinara Dwiyanti_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Risvi Sinara Dwiyanti_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Tugas Akhir yang berjudul “Kreasi Kuda Lumping Sebagai Motif Sumber Penciptaan Batik Tulis Kain Panjang” diciptakan penulis dengan tujuan untuk ikut mengembangkan dan melestarikan kebudayaan di Yogyakarta khususnya pada Jathilan Kuda Lumping, serta memberi pengetahuan kepada masyarakat agar lebih mudah memahami makna yang terkandung pada setiap unsur-unsur yang digunakan dalam Jathilan Kuda Lumping lewat karya yang penulis ciptakan. Penulis mewujudkan karya batik tulis kain panjang dengan menggunakan metode pendekatan estetika dan semiotika, sedangkan metode penciptaan yang digunakan penulis yaitu menggunakan teori SP Gustami dengan tiga tahap. Tahap eksplorasi yaitu penulis mengumpulkan data dengan cara mencari informasi mengenai Jathilan Kuda Lumping melalui media cetak, seperti buku, majalah, surat kabar, dan media online. Tahap perancangan yang dilakukan penulis yaitu membuat berbagai macam sketsa alternatif dan pemilihan sketsa terpilih diantara sketsa-sketsa yang telah dibuat. Tahap perwujudan yang dilakukan penulis yaitu menciptakan karya dengan desain yang sudah terpilih dengan tahap proses awal berupa persiapan alat dan bahan, memindah pola, membatik atau mencanting, pewarnaan, sampai dengan proses pelorodan. Hasil penciptaan Tugas Akhir yang dibuat penulis berjumlah empat karya, dengan judul karya “ Random, Repeat, Berhadapan, dan Keselarasan”. Keseluruhan karya yang penulis ciptakan dengan motif utama yaitu wujud Kreasi Kuda Lumping dan motif pendukung yaitu gamelan, pecut, motif ornamentik lainnya sebagai penambahan pada kain Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sinara Dwiyanti, Risvinim1712042022
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHariyanto, Isbandononidn0021107406
ContributorSubiharto, Jokonidn00140375
Department: KODEPRODI90211#KRIYA
Uncontrolled Keywords: Batik, Jathilan Kuda Lumping, Kain Panjang
Subjects: Kriya > Kriya Tekstil
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil
Depositing User: Risvi Sinara Dwiyanti
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:09
Last Modified: 19 Aug 2022 02:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12064

Actions (login required)

View Item View Item