Pembelajaran Keyboard untuk Penyandang Autisme Studi Kasus: Di Rumah Musik Anak Spesial

Cristianto, Jose Philipe (2022) Pembelajaran Keyboard untuk Penyandang Autisme Studi Kasus: Di Rumah Musik Anak Spesial. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
JOSE PHILIPE CRISTIANTO_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JOSE PHILIPE CRISTIANTO_2022_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JOSE PHILIPE CRISTIANTO_2022_BAB V.pdf

Download (816kB)
[img] Text
JOSE PHILIPE CRISTIANTO_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
JOSE PHILIPE CRISTIANTO_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
JOSE PHILIPE CRISTIANTO_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Pembelajaran keyboard untuk penyandang autisme di Rumah Musik Anak Spesial merupakan penelitian yang akan membahas bagaimana proses dan hasil pembelajaran keyboard untuk penyandang autisme di Rumah Musik Anak Spesial. Pembelajaran keyboard untuk penyandang autisme membutuhkan metode khusus karena penyandang atisme memiliki keterhambatan pada kognitif, komunikasi, dan interaksi sosial. Metode khusus ini harus memperhatikan aspek-aspek yang dibutuhkan oleh penyandang autisme agar pembelajaran berlangsung secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Pengambilan sampel berfokus pada satu murid keyboard penyandang autisme dan satu pengajar keyboard. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keyboard untuk penyandang autisme di Rumah Musik Anak Spesial dilalui dengan 4 proses, yaitu pengkondisan murid, meriview materi, penyampaian materi, dan evaluasi serta laporan untuk orang tua murid. Metode Pembelajaran yang digunakan adalah singing, reading, demonstrasi dan kolaborasi. Materi yang diajarkan adalah lagu pop atau lagu popular yang disukai murid. Selama 4 pertemuan, murid dapat memainkan intro lagu ‘‘Faded’’ karya Alan Walker. Pembelajaran keyboard untuk penyandang autisme di Rumah Musik Anak Spesial dinilai efektif Kata kunci: Autisme; pembelajaran; keyboard; Rumah Musik Anak Spesial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Cristianto, Jose Philipenim18101700132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyasrinestu, Fortunatanidn0023107201
ContributorTio Parahita Nainggolan, Oriananidn0025058303
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Autisme; pembelajaran keyboard; Rumah Musik Anak Spesial
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Jose Philipe Cristianto
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:33
Last Modified: 16 Nov 2022 06:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12095

Actions (login required)

View Item View Item