"Lagu Dolanan Jawa": Sebuah Komposisi Musik dalam Format Piano Concerto

Sutandra, Hafid (2022) "Lagu Dolanan Jawa": Sebuah Komposisi Musik dalam Format Piano Concerto. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
HAFID SUTANDRA_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAFID SUTANDRA_2022_BAB V.pdf

Download (398kB)
[img] Text
HAFID SUTANDRA_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAFID SUTANDRA_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
HAFID SUTANDRA_2022_LAMPIRAN_Lagu Dolanan Jawa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
HAFID SUTANDRA_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Karya musik “Lagu Dolanan Jawa” ditujukan untuk mengeksplorasi penggabungan musik budaya Barat melalui bentuk piano concerto mengacu pada era klasik dan romantik, dengan praktik musik budaya Timur yang terdiri dari tiga lagulagu dolanan Jawa yaitu Gundul-gundul Pacul (untuk movement pertama); Lir Ilir (untuk movement kedua); dan Cublak-cublak Suweng (untuk movement ketiga). Gagasan menciptakan karya musik ini berasal dari pengamatan budaya-budaya, serta sebagai eksperimen dan praktik musik penulis yang tertantang untuk menggabungkan musik budaya Barat (era klasik dan romantik) sebagai bidang yang ditekuni penulis secara akademik, dengan musik budaya Timur yang menjadi lingkungan budaya tempat penulis dibesarkan. Karya “Lagu Dolanan Jawa” tidak hanya terinspirasi dari melodi-melodi ketiga lagu dolanan Jawa tersebut, namun juga terinspirasi oleh lagu-lagu gubahan Jaya Suprana; Piano Concerto No. 1 in Bes Minor Op. 23 oleh Pieter Illich Tchaikovsky; Piano Concerto No. 5 “Emperor” oleh Ludwig Van Beethoven; dan Piano Concerto No. 9 K.271 oleh Wolfgang A Mozart. Penulis juga menggunakan sumber-sumber literatur mengenai teori musik concerto yaitu oleh Caplin (2013), Stein (1979), Adler (2002), dan beberapa sumber literatur yang disebutkan pada skripsi ini. Tulisan penulis ini ditujukan guna menjawab dua pertanyaan utama, yaitu: (1) bagaimana cara mengintegrasikan “lagu-lagu dolanan Jawa” ke dalam komposisi musik dengan format piano concerto; dan (2) bagaimana proses pembuatan karya lagu tersebut. Untuk dapat menggabungkan unsur-unsur musik tersebut, penulis melakukan proses dan cara pengintegrasian nada-nada pentatonik laras pelog dan slendro dari ketiga lagu dolanan Jawa tersebut, dengan nada-nada diatonis. Penulis juga mengeksplorasi karya “Lagu Dolanan Jawa” melalui aplikasi praktik bentuk concerto menurut Caplin (2013) yang terdiri dari introduksi, eksposisi, development, rekapitulasi dan coda. Penyelarasan nada-nada tersebut dijadikan oleh penulis sebagai inspirasi komposisi karya “Lagu Dolanan Jawa” pada bagian eksposisi dan rekapitulasi, untuk menciptakan nuansa musik era klasik dan romantik, penulis memainkan kreativitas pada bagian development, melalui praktik fantasia, yang tersebar di ketiga movement “Lagu Dolanan Jawa”. Pada kesimpulan, penulis membuktikan bahwa praktik pengintegrasian nada-nada pentatonik ke dalam nadanada diatonis sangat feasible untuk dilakukan sebagai tahapan paling penting dalam penggubahan karya “Lagu Dolanan Jawa”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sutandra, Hafidnim18101280133
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorChristinus, Kristiyantonidn0031015902
ContributorBobby Koapaha, Roykenidn0019116101
Department: KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: musik era klasik dan romantik, lagu-lagu dolanan Jawa, nada pentatonis dan diatonis, piano concerto
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Hafid Sutandra
Date Deposited: 20 Aug 2022 09:32
Last Modified: 20 Aug 2022 09:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item