Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta

Yohana Theresia Butarbutar, 1111721013 (2016) Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL Yohana.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Menurut hasil pengamatan dilapangan, pengajar menggunakan langkah metode ceramah, demonstrasi, latihan dan tanya-jawab. Langkah metode ini dapat menjalin interaksi antara pengajar dan murid dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biola di SMI Yogyakarta. Pembelajaran biola di SMI Yogyakarta mencakup tiga tahapan yaitu tahap pengenalan, tahap pengenalan ini pengajar mengenalkan biola dan bagian-bagian biola kepada murid, mengenalkan teknik dalam bermain biola, mengenalkan garis paranada, tangga nada, tanda kunci, not, ritmis dan tanda berhenti. Tahap selanjutnya tahap persiapan, pada tahap ini pengajar mempersiapkan bahan-bahan untuk pembelajaran seperti, materi, standpart, kursi dan alat-alat yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Tahap pelaksanaan, pada tahap ini proses pembelajaran dimulai dari tuning alat, selanjutnya melakukan pemanasan, setelah melakukan pemanasan murid dapat memainkan lagu. Terakhir ialah penutup atau evaluasi, pada penutup atau evaluasi pengajar menanyakan kembali materi yang baru dibahas, setelah itu memberi pertanyaan kepada murid apakah ada yang kurang jelas atau tidak. Tahap selanjutnya, murid diminta tidak hanya latihan di tempat kursus saja melainkan juga harus berlatih dirumah. Penelitian yang dilakukan menggunakan Metode Deskriptif dan jenis metode kualitatif yaitu peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar di SMI Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Yohana Theresia Butarbutar, 1111721013UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Biola, Proses, Kursus
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 23 Nov 2016 06:41
Last Modified: 13 Mar 2017 08:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item