Inovasi Pembelajaran Pantomim Faiq Enderiza Di SD Muhammadiyah Nitikan

Lindung, Khatra Samara (2022) Inovasi Pembelajaran Pantomim Faiq Enderiza Di SD Muhammadiyah Nitikan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Khatra Samara L_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Khatra Samara L_2022_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Khatra Samara L_2022_BAB PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
Khatra Samara L_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
Khatra Samara L_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Khatra Samara Lindung_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pantomim memiliki fungsi pendidikan yang dapat membangun karakter peserta didik. Pada pembelajarannya pantomim masih bersifat monolevel yang berarti masih pada penghayatan senimannya, untuk itu perlu adanya sebuah inovasi pembelajaran pantomim yang berdasarkan perspektif pendidikan. Faiq Enderiza selaku pendidik yang juga seorang seniman, memiliki inovasi pembelajaran pantomim di SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari prestasi peserta didik hingga ke tingkat internasional dan membawa nama harum sekolah serta lebih dikenal dengan prestasi pantomimnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi pembelajaran pantomim Faiq Enderiza di SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta dengan objek penelitian inovasi pembelajaran pantomim Faiq Enderiza. Subjek yang diteliti adalah pendidik pantomim, kepala sekolah, pendamping pantomim, dan peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahapan pengumpulan data, memadatkan data, menampilkan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pembelajaran Faiq Enderiza dalam pembelajaran pantomim memiliki peran yang penting untuk mencetak prestasi peserta didik dalam ajang lomba pantomim. Proses penciptaan pantomim yang dilakukan pendidik terdiri dari dari proses imajinasi, membuat cerita, olah tubuh, bahasa tubuh dan bahasa isyarat, ekspresi, eksplorasi emosi dan perilaku, make up, kostum, musikalitas dan iringan, tata rupa, mencipta bentuk, pantomim yang meyakinkan, dan yang terakhir evaluasi di setiap pembelajarannya. Keberhasilan dalam proses penciptaan pantomim ini didukung dengan pembelajaran yang melibatkan beberapa metode pembelajaran yaitu metode bermain, metode bercakap-cakap, metode mendongeng atau bercerita, metode pemberian tugas, dan metode demonstrasi. Inovasi pembelajaran Faiq Enderiza berupa penerapan proses penciptaan pantomim yang menggunakan gabungan metode pembelajaran yang dikemas dengan kreatif, inovatif, aktif, dan menyenangkan serta didukung dengan keterlibatan naratif dan interaksi secara edukatif kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Lindung, Khatra Samaranim1810193017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
ContributorIswantara, Nurnidn0019066403
ContributorYudiaryani, Yudiaryaninidn0030065602
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Faiq Enderiza, Inovasi Pembelajaran, Pantomim, SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Khatra Samara Lindung
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:57
Last Modified: 24 Aug 2022 06:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12281

Actions (login required)

View Item View Item