Pembelajaran Teknik Penjarian Pada Praktik Instrumen Pilihan Flute Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Cibinong

Choirun Nisa, Ana (2022) Pembelajaran Teknik Penjarian Pada Praktik Instrumen Pilihan Flute Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Cibinong. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ana Choirun Nisa_2022_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Ana Choirun Nisa_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ana Choirun Nisa_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (685kB)
[img] Text
Ana Choirun Nisa_2022_ NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (958kB)
[img] Image
Ana Choirun Nisa_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
Ana Choirun Nisa_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN- PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran teknik penjarian dan mengetahui hasil pembelajaran teknik penjarian. Proses pembelajaran praktik instrumen flute ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu teknik penjarian. Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi dilapangan terdapat beberapa kendala mengenai pembelajaran teknik penjarian yang dialami oleh siswa di SMK Negeri 2 Cibinong, kendala yang dihadapi siswa yaitu siswa masih kesulitan menyesuaikan pergerakan perpindahan jari, siswa masih menjangkau nada yang penjariannya jauh. Penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas untuk menggali lebih dalam mengenai proses pembelajaran teknik penjarian flute kelas X di SMK Negeri 2 Cibinong. Proses pembelajaran setiap pertemuannya memiliki dua kegiatan, yaitu kegiatan pertama, memainkan tangga nada G dan F mayor dengan nilai nada penuh, nilai nada seperdua, dan nilai nada seperempat. Kegiatan kedua,kegiatan membaca etude dengan menggunakan buku suplemen A Tune A Day for flute book 1, setiap minggunya siswa memiliki perkembangan yang berbeda dalam membaca etude .Kesimpulan hasil penelitian ini, proses pembelajaran teknik penjarian dibagi menjadi dua tahapan, tahapan pertama melatih tangga nada dan tahapan kedua melatih etude. Setiap siswa memliki kemampuan yang berbeda- beda, materi yang diberikanpun menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa flute kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Choirun Nisa, Ananim18101740132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorArtanto, Mei0014027301
ContributorWahyu Widodo, Tri0011059003
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Flute, Pembelajaran Praktik, Teknik Penjarian
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ana Choirun Nisa
Date Deposited: 27 Aug 2022 16:52
Last Modified: 27 Aug 2022 16:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item