Metode Penelitian Pendidikan Seni Pertunjukan:Konsep dan penerapannya dalam Penelitian Pembelajaran Seni Budaya

Raharja, Budi (2021) Metode Penelitian Pendidikan Seni Pertunjukan:Konsep dan penerapannya dalam Penelitian Pembelajaran Seni Budaya. BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-623-5884-01-1

[img] Text
00. DIKTAT METOPEN 2019 JADI AKHIR 2021.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
00. DIKTAT METOPEN 2019 JADI AKHIR 2021(save as).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Alasan ditulisnya buku Metode Penelitian Pendidikan Seni Pertunjukan ini adalah proses perkuliahan matakuliah yang namanya sama dengan judul buku ini di jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta belum optimal. Indikasinya sebagian mahasiswa yang telah menempuh matakuliah tersebut belum dapat membuat rancangan penelitian; belum dapat menemukan permasalahan, merumuskan masalah, membuat desain penelitian dan merancang pelaporannya secara baik dan benar. Dugaan sementara hal itu terjadi karena mereka itu belum memahami langkah-langkah penelitian maupun konsep-konsep yang ada di dalamnya. Mereka kesulitan menemukan dan merumuskan permasa-lahan; kesulitan menentukan jenis data dan instrumen pengumpulan data; kesulitan menentukan cara menganalisis data serta kesulitan membuat kesimpulannya. Akibatnya proses penyelesaian tugas akhir lambat dan ada juga laporan hasil penelitiannya belum merupakan satu kesatuan utuh; misalnya permasalahan yang dirumuskan dalam latar belakang tidak dijawab, pembahasan hasil penelitian diisi dengan kutipan-kutipan atau teori-teori, analisis datanya tidak mengarah pada permasalahan, dan sejenisnya. Penulis ingin mengatasi permasalahan tersebut dengan cara menulis materi perkuliahan tersebut dan mengembangkannya serta menerbitkan buku ini. Buku ini terdiri atas enam bab dengan rincian pembahasan perbabnya adalah bab pertama, pendahuluan, berisi alasan ditulisnya buku ini dan garis besar isi tiap-tiap bab. Dengan informasi diharapkan pembaca lebih mudah memahami seluruh isi buku serta dapat dijadikan cara mencari materi-materi yang dibutuhkan. Bab 2, berpikir nonilmiah dan ilmiah, berisi periodisasi berpikir nonilmiah dan hakekat berpikir ilmiah. Pembahasan periodisasi berpikir nonilmiah difokuskan pada periodisasi perkembangan berpikir ilmiah dengan harapan pembaca mengetahui jenis-jenis berpikir nonilmiah, hakekat berpikir ilmiah membahas periodisasi berpikir ilmiah untuk memberi gambaran perkembangan ilmu pengetahuan, konsep-konsep dalam metode penelitian (sistematika dan metode berpikri ilmiah; metode, teknik, dan peralatan kegiatan ilmiah, dan tujuan penelitian) dengan harapan pembaca mempunyai konsep-konsep yang digunakan dalam berpikir ilmiah dan metode penelitian ilmiah. Bab 3, hakekat penelitian, membahas definisi penelitian; paradigma penelitian; metodologi, metode, dan desain penelitian; pendekatan penelitian: teknik dan alat penelitian. Bagian yang berisi konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian; pengertian penelitian dari berbagai pedapat; definisi dan jenis-jenis paradigma penelitian; metodologi, metode, dan desain penelitian; jenis-jenis pendekatan penelitian yang sering digunakan; teknik dan alat penelitian ini merupakan usaha penulis memahami konsep-konsep dalam metode penelitian. Bab 4, jenis metode dan jenis penelitian, membahas perbedaan dan persamaannya antara keduanya. Materi ini dipilih karena antara kedua saling tumpeng tindih dan terdapat kemiripan sehingga mengganggu dalam pemahaman dan aplikasinya di lapangan. Pembahasan ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut sehingga mahasiswa dapat menggunakannya secara tepat. Bab 5, Jenis dan Langkah-langkah Penelitian, ini membahas angkah-langkah penelitian berdasarkan jenis-jenisnya yang sering digunalan dalam pelaksanaan penelitian pendidik. Bagian ini merupakan bagian terakhir dari buku ini yang isinya membahas pengaplikasian konsep-konsep yang telah dibahas sebelumnya dalam membuat proposal penelitian; mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporannya. Pengetahuan-pengetahuan tersebut diharapan dapat meningkatkan kualitas proses perkuliahan matakuliah-matakuliah yang berkaitan dengan tugas akhir (Metode Penelitian Pendidikan, Proposal Tugas Akhir, dan matakuliah Tugas Akhir) sehingga kualitas proses pembelajaran di prosi tersebut meningkat dan dampaknya dapat memperpendek waktu belajar mahasiswa di jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Raharja, Budinip195701121987031001
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Agustiawan Agustiawan
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:06
Last Modified: 12 Jul 2023 00:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item