Implementasi Model Kooperatif Melalui Metode Eksperimen pada Pembelajaran Seni Musik Kelas XI IPA 2 Di SMAN 1 Nubatukan Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur

Mario Vianey Lawe Lobemato, Yohanes (2022) Implementasi Model Kooperatif Melalui Metode Eksperimen pada Pembelajaran Seni Musik Kelas XI IPA 2 Di SMAN 1 Nubatukan Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_YOHANES MARIO VIANEY LAWE LOBEMATO_1710146017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I_YOHANES MARIO VIANEY LAWE LOBEMATO_1710146017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_YOHANES MARIO VIANEY LAWE LOBEMATO_1710146017-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL PUBLIKASI_YOHANES MARIO VIANEY LAWE LOBEMATO_1710146017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penclitian ini yaitu berangkat dari pembelajaran seni budaya dalam hal ini seni musik dengan kemampuan siswa dalam menverap materi berbeda-beda antara siswa yang, satu. dengan siswa lainnya, Di samping itu metode dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru, juga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan turut berpengaruh pada capaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Implementasi Model Kooperativ Melalui Metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Nubatukan. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian ekperimen, yang terdiri dari kegiatan pratindakan peneliti melakuka n pengumpulan data dengan memberikan tes awal dan tes ulangan hasil belajar setelah mener apkan model pembelajaran kooperationtuk membantu siswa dalam belajar dan melihat sejauh mana kemampuan yang dimilikisiswa kelas XI IPA 2. Selanjutnya, pelaksanaan tindakan dilak ukan dalam dua penelitian pra eksperimendan eksperimen. Setiap penelitian yang dilakukan melewati tahap perencanaan tindakan, pelaks anaan tindakan. observasi dan refleksi. Penggunaan model pembeajaran kooperativ memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peseta didik. Hasil yang iperoleh dalam pelaksanaan pembelajaran setiap penelitian selalu menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh baik secara individu maupur secara e-sssunihan. Hal ini dibuktikan persertase ketuntasan pada hasil pre tes 25% dengan kategori kurang. enelitian pra eksperimen 45% kategori cukup dan penelitian eksperimen 85%) kategori baik Dengan demikian hasil yang dicapai dari seiap penelitian selalu mengalami peningkatan. Kata kunci : Model Koopertaif, Metode Eksperimen, Seni Musik, Hasil Belaiar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Mario Vianey Lawe Lobemato, Yohanesnim1710146017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIswantara, Nurnidn0019066403
ContributorTaryadi, R.nidn0020125802
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Model Koopertaif, Metode Eksperimen, Seni Musik, Hasil Belaiar
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:32
Last Modified: 10 Nov 2022 02:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item