Nugroho, Erviyanto (2021) Pergerakan Kamera untuk Membangun Bahasavisual dalam Film “Mukhlis”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
FULL TEXT_ERVIYANTO NUGROHO_1410088132_2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I_ERVIYANTO NUGROHO_1410088132_2021.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB VI_ERVIYANTO NUGROHO_1410088132_2021-2.pdf Download (12MB) |
|
Text
JURNAL ILMIAH_ERVIYANTO NUGROHO_1410088132_2021.pdf Download (1MB) |
|
Video
FILM PENDEK WATERMARK_MUKHLIS_ERVIYANTO NUGROHO_14108132_2021.mp4 Restricted to Repository staff only Download (1GB) | Request a copy |
|
Image
POSTERFILMVIDEO_MUKHLIS_ERVIYANTONUGROHO_1410088132_2021.png Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Video
TRAILER FILM MUKHLIS_ERVIYANTO_NUGROHO_1410088132_2021.mp4 Restricted to Repository staff only Download (75MB) | Request a copy |
Abstract
Karya film yang berjudul Aransemen Pergerakan Kamera Untuk Membangun Bahasa Visual Dalam Film”Mukhlis”, merupakan film pendek fiksi yang berkisah tentang fenomena pelecehan seksual yang dilakukan oleh oknum ustadz di lingkungan pondok pesantren. Fenomena ini memberikan dampak besar terhadap lingkungan pondok pesantren dan begitu juga terhadap para ustadz yang berprofesi sebagai pengajar. Kisah ini dikembangkan oleh penulis ke dalam naskah skenario tanpa menghilangkan esensi dasar ide penciptaan. Cerita yang dihadirkan ulang seperti pelecehan seksual direpresentasikan melalui sebuah pekerjaan sampingan yang dimiliki oleh seorang ustadz, yaitu menjual DVD porno. Sedangkan konflik yang dibangun dalam film ini yaitu adanya seorang santriwan yang membutuhkan uang untuk melunasi pembayaran pondok pesantren. Konsep estetik pada proses penciptaan karya film pendek fiksi Mukhlis menggunakan komposisi dinamik sebagai media untuk membangun sebuah visual storytelling pada film fiksi. Penerapan pengambilan gambar (sinematik) mengacu pada konsep estetik maupun teknis yaitu aransemen elemen- elemen visual untuk mebangun bahasa visual. Pada produksi film, aspek sinematografi sangat berperan penting untuk mendukung unsur naratif serta estetik sebuah film. Kehadiran sinematografi atau disebut juga penataan kamera, menjadi pembangun bahasa visual pada film “Mukhlis”, terutama pada adegan aksi kejar-mengejar dan perkelahian. Film merupakan salah satu media yang memerlukan beberapa pendukung untuk menyampaikan cerita. Seorang sineas tidak hanya sekedar merekam adegan semata, namun juga mengontrol dan mengatur bagaimana adegan tersebut diambil, seperti jarak, ketinggian, sudut, durasi pengambilan, pergerakan dan lainnya. Kata Kunci : Film, Sinematografi, Bahasa Visual
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Film, Sinematografi, Bahasa Visual | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 04:29 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 04:29 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12963 |
Actions (login required)
View Item |