Model Pembelajaran Instrumen Keyboard Pada Siswa Penyandang Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta

Indra Purnomo, 1311947013 (2017) Model Pembelajaran Instrumen Keyboard Pada Siswa Penyandang Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Bab I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
4. BAB IV.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text
5. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL - Indra Purnomo.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

YPAC Surakarta merupakan yayasan pendidikan formal bagi anak penyandang tuna daksa, baik cacat fisik dan mental. Dalam proses pembelajaran anak diberikan materi membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu juga diberikan pelajaran seni musik sebagai penunjang pembelajaran dimana salah satunya pembelajaran instrumen keyboard. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana proses pembelajaran keyboard di YPAC Surakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi partisipatif secara pasif, yaitu observasi dimana peneliti datang di tempat kegiatan orang yang diamati, tetapi tidak terlibat dalam kegiatan tersebut. Peneliti hanya mengamati, aktivitas siswa dan guru pada proses pembelajaran musik di YPAC Surakarta tersebut. Penulis tidak ikut terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari sarana dan prasarana, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Sarana prasarana yang digunakan dalam pembelajaran instrumen keyboard di YPAC Surakarta berupa keyboard. Materi lagu yang diberikan adalah “Gundul Pacul”. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan kepada YPAC Surakarta pembelajaran keyboard seharusnya diampu oleh guru dibidangnya. Bagi ISI Yogyakarta agar menerjunkan mahasiswanya untuk ikut membantu proses pembelajaran musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Indra Purnomo, 1311947013UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : 1. Agus Salim 2. Joko Suprayitno
Uncontrolled Keywords: YPAC Surakarta, Pembelajaran, Keyboard, Penyandang tuna daksa
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 23 Mar 2017 02:34
Last Modified: 23 Mar 2017 02:34
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item