Perancangan Mainan Color Vision Busy Book Untuk Deteksi Dini Buta Warna Pada Anak Dengan Menyesuaikan Kemampuan Kognitif Usia 3-6 Tahun

Salsabillah, Salsabillah (2022) Perancangan Mainan Color Vision Busy Book Untuk Deteksi Dini Buta Warna Pada Anak Dengan Menyesuaikan Kemampuan Kognitif Usia 3-6 Tahun. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Salsabillah_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21MB)
[img] Text
Salsabillah_2022_JURNAL.pdf

Download (154kB)
Official URL: http://isi.ac.id

Abstract

Color Vision Busy Book merupakan mainan anak yang dirancang untuk mendeteksi dini atau menemukan indikasi buta warna pada anak usia 3-6 tahun. Satu produk terdiri dari beberapa konten permainan yang dirancang untuk menemukan indikasi buta warna. Permainan dengan material utama textile pinting dan akrilik berbentuk buku ini, terdiri dari beberapa lembar yang dimanfaatkan sebagai bentuk pengulangan, untuk memastikan kondisi anak. Perancangan ini bertujuan menghasilkan desain mainan anak yang dapat memudahkan orangtua dan guru dalam mendeteksi dini atau menemukan indikasi buta warna melalui pendekatan permainan. Mendeteksi dini buta warna pada anak sangat berguna untuk memahami kebutuhan anak, membantu anak dalam proses belajar yang berkaitan dengan warna dan mengarahkan anak untuk memilih jenjang pendidikan tertentu serta karir. Metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking Method oleh Sheila Pontis berdasarkan Stanford Design School 2010. Metode ini memiliki enam tahapan yakni understand, empathise, define, ideate, prototype, dan test. Konsep perancangan konten dan sistem bermain, menghindari meminta anak untuk mengidentifikasi warna dan menyebutkan angka, karena membutuhkan keterampilan verbal atau kognitif yang lebih maju. Permainan color vision busy book mangarahkan anak untuk mencocokan, mencari kesamaan, dan mengelompokan sesuai warna serasi. Luaran dari perancangan ini berupa sketch, illustrasi permainan, dan prototype produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Salsabillah, Salsabillahnim1710077027
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTrisusanto, Endronidn0021096402
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Mainan Anak, Busy Book, Deteksi Dini, Buta Warna
Subjects: Desain produk
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Program Studi Desain Produk
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:29
Last Modified: 06 Dec 2022 04:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13040

Actions (login required)

View Item View Item