Sanjaya, Singgih (2020) Penciptaan Komposisi Musik Kidung Panyuwun: Penerapan Pola Irama Keroncong Inovatif. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Text
Raden Mas Singgih Sanjaya.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I Singgih Sanjaya.pdf Download (74kB) |
|
Text
BAB VI Kesimpulan Singgih Sanjaya.pdf Download (24kB) |
|
Text
JURNAL Singgih Sanjaya.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menciptakan komposisi musik Kidung Panyuwun untuk vokal solo, paduan suara, dan orkestra. Komposisi ini merupakan ekspresi pengusul atas wabah yang melanda dunia pada saat ini, yang dimulai sekitar Maret 2020. Kidung Panyuwun yang berarti ‘tembang doa’ untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk segera menghentikan wabah COVID-19 yang melanda dunia. Beberapa hal yang dikembangkan dalam garapan komposisi seperti penggarapan isian melodi, pengembangan harmoni, pengembangan instrumentasi, dan teknik-teknik komposisi yang lainnya. Selain hal tersebut penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan musik keroncong yang merupakan salah satu genre musik yang di Indonesia yang pada saat ini terbatas penggemarnya. Indonesia mempunyai banyak genre musik, seperti: pop, dangdut, jazz, klasik, rock, etnis, keroncong, dan sebagainya. Musik keroncong merupakan salah satu ‘musik Indonesia’ yang tergolong musik hibrida, yaitu musik pencampuran antara musik karawitan Jawa, musik pop, dan diatonis Barat. Musik pop paling digemari di antara musik yang lain, sedangkan musik keroncong hanya digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Penulis mengamati bahwa musik keroncong, khususnya pada pola iramanya relatif sedikit perkembangannya. Sejak tahun 1940-an sampai dengan sekarang pola irama yang biasa digunakan terbatas, antara lain irama: engkel, dobel, klasikan, tambuliong. Pada kesempatan ini penulis akan merancang pola irama keroncong inovatif dengan tujuan agar musik keroncong akan menjadi lebih menarik sehingga diharapkan lebih luas penggemarnya. Inovasi pola irama keroncong yang berusaha ditemukan peneliti akan diterapkan dalam komposisi ini. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis dan eksperimental, dengan langkah-langkah sebagai berikut. Langkah pertama adalah menentukan konsep. Kemudian pengumpulan data (data-data kepustakaan, data-data audio/video musik keroncong, dan data narasumber). Pada langkah analisis akan menelaah referensi sejarah musik keroncong, referensi komposisi, dan menganalisis sumber-sumber audio/video. Selanjutnya adalah proses penggarapan komposisi dengan metode eksperimental yang diawali dengan langkah eksplorasi. Setelah tahap ini selesai, dilanjutkan dengan tahap produksi. Dalam tahap ini dilakukan penulisan jurnal, perekaman komposisi, penulisan laporan, dan penyusunan bahan ajar. Tahap terakhir penelitian ini, yaitu penyerahan laporan ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ISI Yogyakarta, pendaftaran jurnal ke Jurnal Resital ISI Yogyakarta, pendaftaran Kekayaan Intelektual ke Kementerian Hukum dan HAM, dan mempublikasikan komposisi Kidung Panyuwun ke kanal Youtube, podcast, radio-radio dan handai-tolan.
Item Type: | Other | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kidung Panyuwun, komposisi, pola irama, keroncong | ||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 01:59 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 06:30 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13145 |
Actions (login required)
View Item |