Penerapan Konsep Hybrid Dalam Latihan Paduan Suara Voice in December #8 "Thankful" 2022 Paduan Suara Vocalista Harmonic Choir ISI Yogyakarta

Suluh Satria Putra, Abraham (2023) Penerapan Konsep Hybrid Dalam Latihan Paduan Suara Voice in December #8 "Thankful" 2022 Paduan Suara Vocalista Harmonic Choir ISI Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Abraham_Suluh_Satria_Putra_2022_FULL_TEKS[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Abraham_Suluh_Satria_Putra_2023_BAB_I[1].pdf

Download (6MB)
[img] Text
Abraham_Suluh_Satria_Putra_2023_BAB_V[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Abraham Suluh Satria Putra_2022_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Konser Voice in December #8 “Thankfull” merupakan agenda konser tahunan untuk menyambut para anggota baru yang tergabung dari tiga fakulktas ISI Yogyakarta, konser yang menjadi objek penelitian kali ini merupakan konser Voice in December yang ke 8 diadakan pada 19 Desember 2020. Vocalista Harmonic Choir PSM ISI Yogyakarta yang selama proses dan pelaksanaanya dilakukan secara Hybrid dikarenakan terkena dampak dari pandemi COVID-19. Penerapan konsep hybrid dalam proses latihan konser Voice in December paduan suara Vocalista Harmonic Choir ISI Yogyakarta menarik bagi penulis, dikarenakan rata-rata anggota yang mengikuti konser “Thankfull” merupakan anggota baru, serta latihan konser “Thankfull” telah dilaksanakan secara hybrid. Proses latihan meggunakan konsep hybrid diterapkan karena tidak seluruh anggota penyanyi berada di Yogyakarta sehingga proses latihan tidak dapat dilakukan bersama dalam satu ruangan yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep hybrid dalam proses latihan konser “Thankfull”, serta mengetahui apa hasil yang di dapat selama penerapanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggali lebih dalam proses latihan pada konser “Thankfull” menggunakan konsep hybrid sebagai inovasi latihan yang memanfaatkan pendekatan teknologi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan latihan secara hybrid yang menggabugkan latihan online dan offline yang didukung dengan aplikasi seperti zoom, google drive, dan whatsapp sebagai sarana penyampaian materi. Materi yang diberikan berupa teknik pemanasan dan pada penelitian ini lagu “Thankfull” menjadi fokus utama yang akan disampaikan menggunakan metode ceramah, drill, dan imitasi. Penerapan konsep hybrid dalam proses latihan konser “Thankfull” menjadi solusi inovasi latihan paduan suara jaraak jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Suluh Satria Putra, Abrahamnim17101410132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIsmudiati, Endangnidn0022016101
ContributorSuryati, Suryatinidn0001096407
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Hybrid; Voice in December “Thankful”; Vocalista Harmonic Choir
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Abraham Suluh
Date Deposited: 07 Feb 2023 21:16
Last Modified: 07 Feb 2023 21:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13299

Actions (login required)

View Item View Item