Efektifitas Metode Analisis Struktural Dalam Interpretasi Musik Abad 19 (Studi Kasus : Suite For Piano Fp.19 Karya Francis Poulenc)

Refael, Refael (2023) Efektifitas Metode Analisis Struktural Dalam Interpretasi Musik Abad 19 (Studi Kasus : Suite For Piano Fp.19 Karya Francis Poulenc). Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Refael_2023_TUGAS AKHIR FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Refael_2023_BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Refael_2023_BAB PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Refael_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Refael_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengemukakan pentingnya interpretasi bagi seorang pemain serta membuktikan efektifitas metode pendekatan analisis struktural dalam mendapatkan interpretasi dalam memainkan Suite For Piano FP.19 karya Francis Poulenc. Pada dasarnya seorang pemain harus dapat mengubah teks musik menjadi bunyi yang sesuai dengan apa yang tertulis pada teks musik tersebut. Dalam peneltian tugas akhir ini penulis akan menginterpretasikan Suite For Piano FP.19 karya Francis Poulenc yang bertujuan untuk membuktikan efektifitas metode analisis yang akan digunakan penulis dalam menginterpretasikan karya Suite For Piano FP.19 karya Francis Poulenc yang juga kemudian mengemukakan pentingnya interpretasi teks musik bagi seorang pemain. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis struktural. Penulis menggunakan teori analisis struktural dari buku The Musician’s Way - A Guide to Practice, Performance and wellness karya Gerald Klickstein. Kemudian terdapat buku penunjang yang memperkuat teori analisis struktural ini yaitu Musical Performance – A Guide to Understanding karya John Rink. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode studi kasus adalah suatu metode penelitian yang berdasarkan pada ilmu sosial dimana penulis mengamati secara khusus sebuah objek sebagai suatu kasus yang akan diteliti dan dibahas secara menyeluruh.Dalam tugas akhir ini objek yang akan diamati adalah analisis struktural dalam interpretasi teks musik pada karya Suite For Piano FP.19 karya Francis Poulenc. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah penulis dapat membuktikan bahwa metode analisis struktural dapat menjadi metode pendekatan yang efektif dalam memperoleh interpretasi teks musik secara lebih detail dan akurat secara tekstual dalam karya karya Suite For Piano FP.19 karya Francis Poulenc. Sehingga penulis juga dapat menyimpulkan bahwa kemampuan seorang pemain untuk melakukan proses interpretasi teks musik melalui metode analisis struktural ini merupakan hal yang sangat penting yang pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan menjadi lebih luas lagi dan dapat memperkaya proses kreatif seorang pemain dalam menginterpretasikan suatu karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Refael, Refaelnim16000890134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHidayat Wirayudha, Asepnidn4106606
Department: KODEPRODI91321#PENYAJIAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: interpretasi teks musik, analisis struktural, Suite For Piano FP.19
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Refael Refael
Date Deposited: 07 Feb 2023 21:22
Last Modified: 07 Feb 2023 21:22
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13331

Actions (login required)

View Item View Item