Pemanfaatan Aplikasi Zoom Meeting sebagai Media Pelatihan Paduan Suara Secara Daring di Capriccioso Children's Choir Lippo Karawaci Tangerang

Wilma, Anastasya (2023) Pemanfaatan Aplikasi Zoom Meeting sebagai Media Pelatihan Paduan Suara Secara Daring di Capriccioso Children's Choir Lippo Karawaci Tangerang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ANASTASYA WILMA_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
ANASTASYA WILMA_2023_BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
ANASTASYA WILMA_2023_BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ANASTASYA WILMA_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Proses pelatihan paduan suara mengalami tantangan ketika diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk menekan angka kenaikan covid dimasa pandemi covid-19. Agar proses pelatihan tetap terselenggara, maka seluruh proses yang biasanya dilakukan secara luring berpindah secara daring. Capriccisso Children Choir yang merupakan paduan suara anak yang berlokasi di Lippo Karawaci Tangerang juga terkena dampak yang sama. Wadah yang dipilih Capriccioso Children Choir sebagai media pelatihan yaitu aplikasi Zoom Meeting. Aplikasi zoom meeting digunakan sebagai media pelatihan dikarenakan terdapat fiur-fitur yang dapat mendukung proses pelatihan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses pelatihan paduan suara dengan menggunakan zoom meeting serta menganalisis hasil yang didapat pada pelatihan pelatihannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan objek penelitian Capriccioso Children Choir dan sampel penelitian salah satu kelas pada paduan suara ini yaitu kelas bluebird yang beranggotakan anakdenganusia6-9tahun.Hasildaripenelitianiniadalah pelatih dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi pelatihan. Penyampaian materi yang dilatih seperti Sikap Badan, Teknik Vokal Dasar, Materi Lagu dan Materi Teori Musik Dasar, memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada zoom meeting seperti, share screen, share sound dan Breakout Room. Kreatifitas pelatih ditunjukan dengan memaksimalkan fitur-fitur yang tesedia pada zoom meeting untuk menyampaikan materi pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wilma, Anastasyanim18101640132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSuryati, Suryatinidn0001096407
ContributorGinandha Sakti, Rezanidn0010118908
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Paduan Suara, Zoom Meeting, Kreativitas
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Anastasya Wilma
Date Deposited: 10 Feb 2023 13:48
Last Modified: 10 Feb 2023 13:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13403

Actions (login required)

View Item View Item