Perancangan Tugas Akhir Visual Branding Pertanian Kopi Organik Kelompok Tani Desa Organik Sumber Arum Wonosalam Jombang

Naufal Ramadhana, Atsil (2023) Perancangan Tugas Akhir Visual Branding Pertanian Kopi Organik Kelompok Tani Desa Organik Sumber Arum Wonosalam Jombang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Atsil Naufal Ramadhana_2023_Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Atsil Naufal Ramadhana_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Atsil Naufal Ramadhana_2023_PENUTUP.pdf

Download (804kB)
[img] Image
Atsil Naufal Ramadhana_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Atsil Naufal R_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Kelompok Tani Desa Organik Sumber Arum Wonosalam, Jombang Jawa Timur merupakan pertanian organik yang dikelola bersama dengan sistem alami guna memperbaiki dan meningkatkan ekologi termasuk manajemen air bersih, tanah, udara bersih dan lingkungan. Misi utama dari kelompok tani adalah untuk menyuarakan pertanian organik dengan tujuan membangun dan mendukung pertanian organik nasional. Perancangan ini dilakukan untuk membangun visual branding dari pertanian organik Kelompok Tani Desa Organik Sumber Arum yang sehat dan sustainable. Perancangan ini bertujuan sebagai acuan visual kelompok Tani Desa Organik Sumber Arum sebagai pertimbangan pertanian yang menggunakan metode organik. Pentingnya perancangan identitas visual dalam menyampaikan pesan dan nilai pertanian kelompok Sumber Arum bertujuan membangun pertanian yang sehat dan sustainable. Pencarian data perancangan ini dengan melakukan wawancara, studi pustaka, studi lapangan dan diskusi. Metode analisis SOAR, pemilihan metode ini untuk menyusun strategi kreatif yang dapat diukur dengan peluang dan kekuatan, aspirasi dari setiap anggota kelompok Tani dalam menciptakan visi dan misi serta nilai yang disepakati bersama oleh setiap anggota kelompok tani. Hasil dari perancangan ini adalah memperjelas asset dan aktivasi visual branding sebagai temuan dari substansi pertanian organik kelompok tani melalui perancangan identitas visual yang mengedepankan nilai-nilai dan visi kelompok tani guna kesehatan dan melindungi ekologi. Pada proses perancangan ini menggunakan pendekatan pada ranah Desain dan Lingkungan yang berfokus pada pemecahan masalah pada isu-isu lingkungan. Dengan mengunakan konsep mengurangi sampah pasca produksi. Hasil rancangan ini sudah dipresentasikan kepada perwakilan kelompok tani juga dapat dijadikan acuan jika direalisasikan atas persetujuan dari kelompok tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Naufal Ramadhana, Atsilnim1710257124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTinarbuko, Sumbonidn0001046616
ContributorWidyatmoko, FXnidn0010077504
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Kelompok Tani Desa Organik Sumber Arum, Visual Branding, pertanian organik, desain dan lingkungan, keberlanjutan.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Atsil Naufal Ramadhana
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:09
Last Modified: 17 Feb 2023 03:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item