Web Series Dokumenter “Motorcycle Travelogue Episode Kebun Teh Jogja Ki Suko” Genre Ilmu Pengetahuan Dengan Gaya Travel Documentary Sebagai Media Promosi Pariwisata

Hakim, Latief Rakhman and Pungkiawan, Pius Rino and Pratomo, Anjas Bagus (2022) Web Series Dokumenter “Motorcycle Travelogue Episode Kebun Teh Jogja Ki Suko” Genre Ilmu Pengetahuan Dengan Gaya Travel Documentary Sebagai Media Promosi Pariwisata. LPPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Latief Rakhman Hakim_2022_BAB I Panduluhan.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Latief Rakhman Hakim_2022_BAB VI Kesimpulan.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Latief Rakhman Hakim_2022_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkebunan teh ini dirintis oleh seorang mantan bankir bernama Sukohadi yang memilih hijrah kembali ke kampung halaman untuk mengembangkan komoditi teh, yang menurutnya sangat cocok dengan kondisi geografis desanya yang berada di ketinggian 1000 mdpl dengan kondisi tanah yang subur. Keuletan pak Suko membuahkan hasil yang sangat baik dengan munculnya beberapa varian teh, mulai dari teh hijau, teh gold, teh kuning dan silver needle yang harganya mencapai jutaan rupiah. Teh hasil perkebunan pak Suko pernah diteliti oleh beberapa ilmuwan dari luar negeri seperti Jepang dan Australia. Potensi-potensi tadi akan diceritakan lewat media film dokumenter agar masyarakat luas bisa mengenal berbagai jenis teh dan khasiatnya. Gaya visual dokumenter ini akan menggunakan travel documentary yang mengisahkan perjalanan mengendarai sepeda motor melalui rute-rute dengan landscape yang indah menuju perkebunan teh Ki Suko. Metode penciptaan film dokumenter menggunakan metode proses kreasi yaitu Eksplorasi, Improvisasi/Eksperimentasi dan Pembentukan atau Perwujudan Karya, Metode tersebut terbagi dalam tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Sedangkan hasil dari penciptaan film dokumenter akan dipublikasikan menggunakan media sosial yaitu melalui kanal YouTube sebagai media promosi. Pemilihan media sosial sebagai media promosi dikarenakan media sosial merupakan media utama saat ini yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat di dunia. Media sosial memiliki kekuatan pada akses yang mudah, serempak dan masif, serta sebagai media informasi yang trend pada saat ini. Hasil luaran utama akan dituangkan dalam artikel jurnal ilmiah terakreditasi SINTA-4 dengan status Submited. Hasil film dokumenter ini sesuai TKT tingkat ke-5 dengan dipublikasikan melalui kanal YouTube dan ditonton oleh masyarakat luas yang relevan.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Hakim, Latief Rakhmannidn0014057902
Pungkiawan, Pius Rinonip199110182019031013
Pratomo, Anjas Bagusnim1910996032
Uncontrolled Keywords: Web Series, Travel Documentary, Genre Ilmu Pengetahuan
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:14
Last Modified: 07 Mar 2023 08:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13816

Actions (login required)

View Item View Item