Ramafisela, Lingga and Galuh Sahara, Anggita (2022) Metode Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Harmoni Manual Di Program Studi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Lingga Ramafisela_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Lingga Ramafisela_2022_Bab I.pdf Download (169kB) |
|
Text
Lingga Ramafisela_2022_Bab VI.pdf Download (45kB) |
Abstract
Materi dalam mata kuliah Harmoni Manual merupakan perpaduan dari materi ilmu harmoni dan praktik piano dasar. Mata kuliah Harmoni Manual bertujuan untuk melatih mahasiswa agar dapat memainkan harmoni empat suara pada piano, dapat mengiringi suatu melodi dengan akor yang benar serta mahasiswa setidaknya dapat memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh untuk kepentingan bermasyarakat. Namun, hal ini ternyata belum selaras dengan kondisi di lapangan karena mahasiswa masih sulit memainkan harmoni empat suara pada piano. Oleh karena itu dibutuhkan cara yang tepat agar membuat pembelajaran menjadi lebih mudah, cepat dan tepat. Perkuliahan yang selama ini teacher-centered harus dimodifikasi menjadi studentcentered agar mahasiswa bisa memperoleh ilmu dan pemahaman yang lebih baik. Pola pembelajaran student-centered memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengeksplor kemampuan diri sendiri dan menuangkan ide – idenya selama perkuliahan berlangsung. Metode ini dapat membuat mahasiswa lebih aktif, lebih antusias dan diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilannya terhadap mata kuliah Harmoni Manual. Tujuan penelitian ini terdiri dari beberapa hal, yaitu untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan harmoni empat suara dengan benar, mengiringi suatu lagu atau melodi dengan menggunakan akor yang tepat, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menemukan cara pemecahan masalah, dan meningkatkan kemampuan berpikir dalam perkuliahan mata kuliah Harmoni Manual. Hal ini diharapkan dapat membuat mahasiswa kedepannya mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam dunia nyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, yaitu di kelas mata kuliah Harmoni Manual di program studi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka/dokumen, observasi, dan wawancara. Proses analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Luaran wajib yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah publikasi jurnal ilmiah nasional terakreditasi minimal SINTA 5. Artikel penelitian yang ditargetkan minimal dengan status accepted. Luaran tambahan yang ditargetkan oleh peneliti adalah HKI. TKT atau tingkat kesiapterapan teknologi pada penelitian ini terdapat di tahapan TKT 1 yaitu melaporkan dan melakukan observasi mengenai prinsip dasar dari seni. Salah satu butir indikatornya yaitu identifikasi masalah serta mendefinisikan tujuan penelitian. Penelitian ini bertema pengembangan keilmuan seni dengan topik pendidikan seni.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, harmoni manual | ||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2023 03:47 | ||||||
Last Modified: | 10 Mar 2023 03:47 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13825 |
Actions (login required)
View Item |