VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity) dalam Konteks Proyek Desain Interior di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Desainer Interior

Sholahuddin, Muhammad and Gigih Prasojo, Bahtiar (2022) VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity) dalam Konteks Proyek Desain Interior di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Desainer Interior. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
M. Sholahuddin_2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
M. Sholahuddin_2022_Bab I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
M. Sholahuddin_2022_Bab VI.pdf

Download (56kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Awalnya akronim VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) untuk menggambarkan kondisi geopolitik yang tidak stabil setelah berakhirnya perang dingin. Setelah Revolusi Industri 4.0, VUCA digunakan di berbagai bidang seperti bisnis dan organisasi untuk menggambarkan lingkungan yang kacau, bergejolak, dan berubah cepat. VUCA dapat digunakan di bidang lain untuk memiliki pemahaman lebih baik tentang suatu bidang. Bidang desain interior tidak lepas dari pengaruh pandemi Covid-19. VUCA dapat diterapkan pada proyek desain interior karena tidak ada yang dapat mengetahui perubahan-perubahan yang akan menjadi kebiasaan baru dalam ruang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dengan questioner dan wawancara terhadap 50 orang desainer interior. Desainer interior menghadapi VUCA dalam proyek desain interior menemukan masalah dan melakukan tindakan sebagai berikut: (1) Volatility. Proyek dilanjutkan tetapi mengalami keterlambatan karena perubahan aturan terkait pandemi sehingga perlu penyesuaian waktu dan anggaran proyek (management proyek). (2) Uncertainty. Ketidakpastian kondisi kesehatan terutama di zona-zona merah berakibat keterlambatan pasokan bahan sehingga protokol kesehatan diperketat dan perubahan spesifikasi bahan berdasarkan kesepakatan. (3) Complexity. Kompleksitas terkait anggaran tak terduga dan jenis proyek yang tetap berjalan (umumnya rumah dan perkantoran) dikomunikasikan secara online melalui aplikasi tertentu. (4) Ambiguity. Ketidakjelasan kondisi mempengaruhi kinerja dan proses desain yang diatasi dengan komunikasi 2 arah secara virtual.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sholahuddin, Muhammadnidn0019107005
Gigih Prasojo, Bahtiarnim1912274023
Uncontrolled Keywords: VUCA, Covid-19, Desainer, Desain Interior
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:21
Last Modified: 13 Mar 2023 06:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item View Item