Ruang Kreatif Sebagai Media Interaksi Dan Ekspresi Untuk Mendukung Pelestarian Budaya Dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Di Kelurahan Gunungketur Kecamatan Pakualaman Yogyakarta

Dwi Nugroho, Martino and Nurcahyo, Mahdi and Azka Azizah, Auliya (2022) Ruang Kreatif Sebagai Media Interaksi Dan Ekspresi Untuk Mendukung Pelestarian Budaya Dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Di Kelurahan Gunungketur Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Martino Dwi Nugroho_2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Martino Dwi Nugroho_2022_Bab I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Martino Dwi Nugroho_2022_Bab VI.pdf

Download (120kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Yogyakarta merupakan daerah istimewa (selain DI Aceh) yang dinilai memiliki kebudayaan tradisi yang memiliki nilai-nilai luhur yang harus dilestarikan. Perlestarian kebudayaan tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah saja, namun perlu peran serta dari setiap lapisan masyarakat. Salah satu usaha untuk pelestarian budaya di Yogyakarta adalah dengan menyediakan ruang publik. Fungsi ruang public tersebut adalah untuk mengakomodasi kegiatan-kegiatan kreatif dalam merawat nilai-nilai tradisi. Kelurahan Gunungketur merupakan salah satu dari dua kelurahan yang berada di wilayah Kemantren Pakualaman Kota Yogyakarta. Wilayah ini termasuk dalam zona penyangga Cagar budaya, sehingga dipandang perlu untuk membuat ruang publik di wilayah penyangga cagar budaya sebagai wadah interaksi dan ekspresi dalam konteks kontribusi seni untuk industri ekonomi kreatif bagi warga dalam usaha pelestarian budaya yang nantinya turut mendukung sektor priwisata. Metode desain eksperimental yang akan digunakan pada perancangan ruang kreatif (creative space) ini dengan menggunakan metode metode kilmer dan eco cultural design.. TKT (tingkat kesiapan teknologi) adlah no 2 dimana luaran perancangan ini berupa desain yang didahului dengan riset terkait potensi dan permasalahan yang ada di wilayah Keluarahan Gunungketur. Hasil dari perancangan ini juga bisa dijadikan model untuk pengembangan ruang kreatif yang ada di lahan terbatas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dwi Nugroho, Martinonidn0015037702
Nurcahyo, Mahdinidn0020069105
Azka Azizah, Auliyanim2012322023
Uncontrolled Keywords: Ruang Kreatif, Ekonomi Kreatif, Pariwisata Budaya
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:18
Last Modified: 13 Mar 2023 07:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item