Widyo Harsanto, Prayanto and Cahyono Priyanto, Octavianus and Nilda Syah, Naziah (2022) Dilematika Iklan Luar Ruang Di Yogyakarta Dalam Kajian Sosio Desain. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
|
Text
BAB VI KESIMPULAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tidak dapat dipungkiri keberadaan Iklan Luar Ruang bagi komunikator masih dipandang media yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Sementara itu bagi regulator, khususnya bagi pemerintah daerah, hal ini dianggap dapat memberikan pemasukan daerah melalui pajak yang relatif tinggi. Namun di sisi lain, maraknya Iklan Luar Ruang (ILR) menimbulkan persoalan estetika, keamanan, dan tata lingkungan pada sebuah wilayah atau kota. Iklan Luar Ruang (ILR) seperti baliho, poster, spanduk, banner, dan media lain di setiap sudut kota Yogyakarta menjadi persoalan yang dilematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengetahui persepsi sosial masyarakat terhadap Iklan Luar Ruang di Yogyakarta. Melalui penelitian ini pula akan diperoleh informasi dan output yang dapat dijadikan rujukan bagi pihak-pihak terkait dalam menentukan ILR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, didukung dengan data quasi (kuantitatif eksperimen) dengan pendekatan sosio desain (estetika sosial). Melalui estetika sosial, karya seni diapresiasi, berkaitan dengan konteks lingkungan-sosial, baik lingkungan hidup manusia, alam maupun sosial. Karya seni yang dimaksud dalam kajian ini adalah desain Iklan Luar Ruang yang menjadi variabel penting, sebab pesan yang disampaikan melalui Iklan Luar Ruang akan menentukan seperti apa isi, bentuk, jenis, dan tempat pemasangannya sehingga seseorang diharapkan atau dipaksa untuk melihat. Penelitian ini pada TKT 3 untuk pembuktian konsep tentang Iklan Luar Ruang yang tidak hanya dilihat pada aspek estetika visual saja, tetapi juga secara kontekstual. Dalam konteks fungsional, iklan dibuat bertujuan membantu pemasaran atas produk dan jasa secara persuasif. Pada konteks estetis, tampilan iklan luar ruang perlu melihat berbagai aspek sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan tata lingkungan di Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman atas kebijakan/regulasi dari penentu kebijakan tata ruang publik terkait penempatan iklan. Dengan demikian, Iklan Luar Ruang dapat membantu meningkatkan persepsi positif yang berkorelasi membentuk citra tata kota Yogyakarta yang Istimewa dan berhati nyaman. Sementara luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini berupa artikel yang dipublikasikan dalam jurnal Sinta 2 dan sebagai pemakalah pada seminar nasional.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | ||||||||
Uncontrolled Keywords: | iklan, ruang publik, sosiologi, desain | ||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||||||
Depositing User: | sri SE endarti | ||||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2023 08:09 | ||||||||
Last Modified: | 16 Mar 2023 08:09 | ||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13891 |
Actions (login required)
View Item |