Setyono Adi Nugroho, Titis and Regina Murti Kusumaningrum, Maria (2021) Strategi Pembelajaran Daring Pratik Vokal Prodi Musik. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Titis Setyono Adi Nugroho.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Titis Setyono Adi Nugroho_Bab I.pdf Download (261kB) |
|
Text
Titis Setyono Adi Nugroho_VI.pdf Download (206kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian berdasar pada dampak yang terjadi akibat adanya pandemi Pneumonia Coronavirus Disease atau Covid-19 yang menyerang dunia termasuk Indonesia, khususnya di sektor pendidikan yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Dalam kasus ini dampak secara khusus terjadi pada pembelajaran berbasis praktikum vokal di Prodi Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Pembelajaran berbasis praktikum dengan prioritas bunyi olah vokal manusia rentan terdistorsi jika penggunaan teknologi pengganti tatap muka konvensional tidak didukung dengan jaringan internet yang baik. Sebagai akibatnya muncul keluhan latency bunyi/suara, distorsi frekuensi, audio-video terkadang macet, bahkan putus komunikasi atau keluar dari ruang konferensi virtual secara tiba-tiba. Hal ini tentunya akan berdampak pada penyampaian dan pemahaman materi pembelajaran sehingga dikhawatirkan terjadi penurunan kualitas luaran pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui teknis dan strategi pembelajaran daring yang tepat, efektif dan efisien pada perkuliahan praktik vokal di Prodi Musik FSP ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis dengan konsep interaksi oleh Belawati sebagai landasan teori. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan teknik purposif, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat diambil dua kesimpulan. Pertama, perubahan mekanisme pembelajaran dapat dimaknai sebagai upaya keberlangsungan kegiatan perkuliahan sebagaimana merupakan teknis pembelajaran daring praktik vokal di Prodi Musik FSP ISI Yogyakarta. Kedua, strategi pembelajaran daring praktik vokal yang tepat, efektif dan efisien yaitu dengan tetap mengoptimalkan interaksi antara dosen, mahasiswa, bahan kajian atau materi, dan meningkatkan penguasaan operasional berbagai teknologi media pembelajaran yang dapat digunakan,
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran daring, praktik vokal, interaksi | ||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | susilo SW wati | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 04:09 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2023 06:25 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13898 |
Actions (login required)
View Item |