Nendra Pratama, Ujang and Herbekti, Silvia (2021) Implementasi Infographic Learning Synchronous Pada Pembelajaran Pedagogi Seni Pertunjukan melalui Zoom Meeting. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Ujang Nendra Pratama.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ujang Nendra Pratama_Bab I.pdf Download (494kB) |
|
Text
Ujang Nendra Pratama_Bab VI.pdf Download (329kB) |
Abstract
Situasi pandemik COVID-19 yang belum reda hingga memasuki tahun 2021 menuntut adanya kreativitas pengajar terkait pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online untuk materi pedagogi seni semestinya perlu untuk memanfaatkan pendekatan secara asynchronous dan synchronous. Pendekatan asynchronous telah ditempuh melalui media email, drive online, pesan instan, serta Social Learning Network. Pendekatan synchronous yang dilakukan saat ini menggunakan online meeting video dengan Zoom Meeting, maka perlu adanya suatu penerapan teknik instruksional agar penyampaian materi dapat diterima mahasiswa secara lebih baik. Salah satu cara yang sesuai untuk mendukung upaya ini adalah pemanfaatan desain infografis dalam presentasi. Infografis merupakan bentuk penyajian informasi yang dirancang dengan menggabungkan visual dengan teks, namun dominasi pada teks dikurangi. Studi terkait pemanfaatan infografis dalam pembelajaran telah banyak diteliti pada berbagai jenjang dan jenis pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan belajar mahasiswa dari penyampain materi secara synchronous melalui presentasi infografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan skenario pengambilan data secara cross-sectional dan arah riset termasuk dalam deskriptif non-eksperimental. Teknik analisis data ditempuh melalui statistik deskriptif. Metode pengambilan data yang dipakai adalah survey online. Responden penelitian ini berasal dari tiga program studi pada bidang pendidikan seni pertunjukan dan diambil dari tiga perguruan tinggi berbeda. Responden yang didapatkan berjumlah 155 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap presentasi infografis mengarah pada kesepakatan positif. Walaupun terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil ketiga perguruan tinggi tersebut, namun sebagian besar mahasiswa tetap setuju dengan keunggulan infografis yang disampaikan, yang dibuktikan dengan rata-rata skor yang masuk ke dalam konversi “Setuju”. Pada bagian selanjutnya, sebagian besar responden juga menegaskan sepakat atau “Ya” tentang dukungan presentasi infografis untuk pembelajaran. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dengan online meeting video akan lebih baik jika difasilitasi dengan presentasi berbasis infografis. Luaran yang sudah dihasilkan adalah artikel ilmiah yang terbit di jurnal nasional (SINTA 4) dan prosiding konferensi internasional bereputasi (IEEE).
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK | ||||||
Uncontrolled Keywords: | covid-19, zoom meeting, infografis, pembelajaran seni. | ||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||||
Depositing User: | susilo SW wati | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:23 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2023 02:30 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13931 |
Actions (login required)
View Item |