Implementasi Infographic Learning Synchronous Pada Pembelajaran Pedagogi Seni Pertunjukan melalui Zoom Meeting

Nendra Pratama, Ujang and Herbekti, Silvia (2021) Implementasi Infographic Learning Synchronous Pada Pembelajaran Pedagogi Seni Pertunjukan melalui Zoom Meeting. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Ujang Nendra Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Ujang Nendra Pratama_Bab I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
Ujang Nendra Pratama_Bab VI.pdf

Download (329kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Situasi pandemik COVID-19 yang belum reda hingga memasuki tahun 2021 menuntut adanya kreativitas pengajar terkait pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online untuk materi pedagogi seni semestinya perlu untuk memanfaatkan pendekatan secara asynchronous dan synchronous. Pendekatan asynchronous telah ditempuh melalui media email, drive online, pesan instan, serta Social Learning Network. Pendekatan synchronous yang dilakukan saat ini menggunakan online meeting video dengan Zoom Meeting, maka perlu adanya suatu penerapan teknik instruksional agar penyampaian materi dapat diterima mahasiswa secara lebih baik. Salah satu cara yang sesuai untuk mendukung upaya ini adalah pemanfaatan desain infografis dalam presentasi. Infografis merupakan bentuk penyajian informasi yang dirancang dengan menggabungkan visual dengan teks, namun dominasi pada teks dikurangi. Studi terkait pemanfaatan infografis dalam pembelajaran telah banyak diteliti pada berbagai jenjang dan jenis pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan belajar mahasiswa dari penyampain materi secara synchronous melalui presentasi infografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan skenario pengambilan data secara cross-sectional dan arah riset termasuk dalam deskriptif non-eksperimental. Teknik analisis data ditempuh melalui statistik deskriptif. Metode pengambilan data yang dipakai adalah survey online. Responden penelitian ini berasal dari tiga program studi pada bidang pendidikan seni pertunjukan dan diambil dari tiga perguruan tinggi berbeda. Responden yang didapatkan berjumlah 155 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap presentasi infografis mengarah pada kesepakatan positif. Walaupun terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil ketiga perguruan tinggi tersebut, namun sebagian besar mahasiswa tetap setuju dengan keunggulan infografis yang disampaikan, yang dibuktikan dengan rata-rata skor yang masuk ke dalam konversi “Setuju”. Pada bagian selanjutnya, sebagian besar responden juga menegaskan sepakat atau “Ya” tentang dukungan presentasi infografis untuk pembelajaran. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dengan online meeting video akan lebih baik jika difasilitasi dengan presentasi berbasis infografis. Luaran yang sudah dihasilkan adalah artikel ilmiah yang terbit di jurnal nasional (SINTA 4) dan prosiding konferensi internasional bereputasi (IEEE).

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nendra Pratama, Ujangnip199102082019031009
Herbekti, Silvianim1810205017
Department: KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: covid-19, zoom meeting, infografis, pembelajaran seni.
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:23
Last Modified: 20 Mar 2023 02:30
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13931

Actions (login required)

View Item View Item