Nendra Pratama, Ujang and Kurnia, Imam (2022) Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kopetensi Penulisan Ilmiah Seni Budaya. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Ujang Nendra Pratama_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ujang Nendra Pratama_2022_Bab I.pdf Download (289kB) |
|
Text
Ujang Nendra Pratama_2022_Bab VI.pdf Download (94kB) |
Abstract
Persoalan kompetensi menulis akademik mahasiswa menjadi tantangan tersendiri berdasarkan kurikulum berbasis outcome. Penelitian implementasi model pembelajaran ini mencoba memberikan tindakan solutif dari persoalan tersebut. Model pembelajaran yang lebih relevan dengan tuntutan kurikulum terkini dan karakter mahasiswa menjadi kemungkinan paling besar. Melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning), mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah diharapkan mendapatkan model pembelajaran terbaik. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah penulisan akademik pada mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Penelitian ini merupakan riset tindakan individu (Individual Action Research). Ini merupakan penelitian tindakan yang direncanakan, dirancang, dan dilakukan oleh seorang individu pengajar sekaligus peneliti. Penelitian ini menempuh tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan di program studi Pendidikan Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta. Sumber data terdiri dari laporan kemajuan belajar mahasiswa setiap pertemuan (learning journal) dan hasil proyek mahasiswa berupa artikel ilmiah seni budaya. Proses penelitian berjalan beriringan dengan proses perkuliahan. Implementasi didesain untuk perkuliahan perdana mata kuliah baru yaitu Penulisan Karya Ilmiah reguler di semester genap 2021/2022. Partisipan berjumlah 55 mahasiswa yang terbagi menjadi 14 kelompok. Analisis data dilaksanakan dengan tinjauan dokumen. Tinjauan dokumen pertama dilakukan dari learning journal setiap kelompok pada setiap pertemuan, tinjauan dokumen kedua berupa artikel ilmiah yang dihasilkan dari kerja kelompok dengan mempertimbangkan status artikel pada jurnal. Keberhasilan dari penelitian ini ditandai dengan kuantitas luaran artikel mahasiswa yang diterima untuk terbit. Akan tetapi jika ada kelompok mahasiswa yang tidak memenuhi luaran tersebut tetap ada penilaian alternatif. Target luaran penelitian ini terdiri atas luaran wajib dan luaran tambahan. Luaran wajib berupa publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi (SINTA 4) dan terindeks Garuda. Luaran tambahan berupa konferensi internasional teknologi pembelajaran yang menghasilkan prosiding terindeks basis data internasional (IEEE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran yang dibuat oleh peneliti merupakan perpaduan antara sintaks pembelajaran penulisan akademik dan sintaks pembelajaran berbasis proyek. Hasil dari perancangan kemudian dilaksanakan pada perkuliahan regular satu semester penuh. Pada hasil proyek artikel ditemukan bahwa pendekatan belajar yang diterapkan belum berhasil. Terdapat kendala ketidaktercapaian ketuntasan pada fase tindakan, fase observasi proyek, dan fase refleksi proyek. Sebagian besar kelompok penulis mahasiswa dievaluasi sendiri oleh dosen/fasilitator. Luaran penelitian yang sudah berhasil didapatkan adalah diterimanya artikel jurnal SINTA 4 (Jurnal Ilmiah Catur Bakti) untuk terbit.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Project-Based Learning; Penulisan Ilmiah; Seni Budaya. | ||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||||
Depositing User: | susilo SW wati | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:32 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2023 02:28 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13933 |
Actions (login required)
View Item |