Pemanfaatan Google Site sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Smartphone Pada Mata Kuliah Praktek di Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta

Setya, Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar and Widyastuti, Ipuk (2021) Pemanfaatan Google Site sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Smartphone Pada Mata Kuliah Praktek di Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta. Project Report. LPT ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar_BAB I.pdf

Download (745kB)
[img] Text
Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar_BAB VI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone yang ‘ramah guna’ dengan menggunakan google site sebagai salah satu alternatif; 2) mendapatkan feedback dari dosen dan mahasiswa sebagai responden terhadap media pembelajaran daring yang ditawarkan guna menemukan media pembelajaran daring yang efisien, efektif, ‘ramah guna’ bagi mata kuliah praktek di Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta. Pemanfaatan google site sebagai media pembelajaran daring ini menjadi topik penelitian yang relevan dan penting bagi proses pembelajaran ke depan di Jurusan Karawitan. Google site menjadi alternatif media pembelajaran daring karena ‘ramah guna’ (fleksibel, mudah diakses/dioperasikan, berbasis smartphone), memiliki fiturfitur yang memadai, memiliki desain yang menarik-sistematis, dan tidak membutuhkan biaya besar (free access). Pemanfaatan google site sebagai salah satu media pembelajaran daring ini menjadi yang pertama dilakukan di Jurusan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta 3 Karawitan ISI Yogyakarta sehingga diperlukan penelitian mengenai dampak dari penggunaannya terutama berkaitan dengan efektifitas, efisiensi, dan fleksibelitasnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Setya, Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuarnip199104302019032017
Widyastuti, Ipuknim1910782012
Department: KODEPRODI91211#SENI KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: pembelajaran jarak jauh, pandemi, google site
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:35
Last Modified: 17 Mar 2023 08:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13935

Actions (login required)

View Item View Item