Model Pembelajaran Horn Di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta

Wahyudi, Wahyudi and Meinis Narselina, Puput and Shalahuddin Bashir, Akhmad (2021) Model Pembelajaran Horn Di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Wahyudi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Wahyudi_Bab I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Wahyudi_Bab VII.pdf

Download (66kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan metode pembelajaran horn bagi pelajar pemula. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta, khususnya mahasiswa yang masuk melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN. Umumnya mahasiswa menghafalkan atau belajar otodidak dan belum menguasai ilmu musik. Kemudian melalui penyusunan strategi pembelajaran pada tingkat keterampilan dan kemampuan mahasiswa horn pada Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta meningkat. Maka penulis menawarkan perancangan agar bisa mengatasi mahasiswa dalam membaca notasi balok. Kemudian dalam mendapatkan data menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan musikologis. Hasil luaran yang ditargetkan adalah model pembelajaran ini menggunakan metode partisipative learning melalui metode ceramah, demonstrasi tanya jawab dan tugas. Kemudian mampu mengolah variasi nada dari mengembangkan tema frase mencakup elemen musikal yakni: ritme, melodi, dan tempo. Ketiga elemen tersebut dikembangkan dalam variasi tangga nada, etude dan lagu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wahyudi, Wahyudinip197011042006041002
Meinis Narselina, Puputnip199105092020122015
Shalahuddin Bashir, Akhmadnim17101030131
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, horn, notasi balok
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:15
Last Modified: 20 Mar 2023 02:19
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item