Adaptasi Teknik Membaca Notasi Viola Bagi Mahasiswa Violin Pada Mata Kuliah Aansambel Gesek

Surtihadi, R.M. and Nadya Arshyta, R.R. (2022) Adaptasi Teknik Membaca Notasi Viola Bagi Mahasiswa Violin Pada Mata Kuliah Aansambel Gesek. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB VII KESIMPULAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Mata Kuliah Ansambel Gesek adalah Mata Kuliah yang diberikan pada setiap semester. Jumlah peserta kuliah rata-rata antara sepuluh sampai dengan dua puluh lima peserta. Para peserta kuliah adalah para mahasiswa dengan instrumen mayor gesek yang terdiri dari instrumen violin, viola, cello, dan contrabass. Pada semester tertentu, jumlah mahasiswa tidak seimbang, yang seharusnya komposisi pemain ansambel gesek yang terdiri dari formasi lengkap, suatu saat tidak ada pemain viola karena mereka sudah ada yang lulus, atau dalam satu angkatan yang diterima sebagai mahasiswa baru instrumen gesek tidak ada yang mengambil instrumen mayor viola, dan hal ini akan mempengaruhi pada formasi permainan ansambel gesek, maka diambil inisiatif beberapa mahasiswa violin bisa beradaptasi untuk memainkan viola, namun hal ini pun tidak mudah, karena membutuhkan waktu dan kemampuan berdaptasi ke instrumen viola. Tujuan dari penelitian ini untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi dalam Mata Kuliah Ansambel Gesek. Sebuah formasi ansambel gesek yang terdiri dari violin, viola, cello dan kontrabass, merupakan formasi standar dalam sebuah ansambel dengan repertoar-repertoar standar. Bilamana dalam sebuah formasi ansambel gesek tidak lengkap, sudah barangtentu akan terjadi kejanggalan formasi yang akan disajikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus yang terjadi pada Mata Kuliah Ansambel Gesek dengan ketiadaan instrumen viola dikarenakan tidak ada mahasiswa dengan instrumen mayor viola dalam kelas ansambel ini. Jumlah pemain violin lebih banyak dibandingkan dengan instrumen gesek lainnya, bahkan tidak ada instrumen viola. Hal ini perlu dicarikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan memberi kesempatan kepada para mahasiswa violin untuk memainkan instrumen viola agar dapat mengisi kekosongan pemain viola. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari keberadaan pemain viola yang diambilkan dari pemain violin yang telah mempelajari teknik membaca notasi viola maupun telah berhasil beradaptasi memainkan instrumen viola dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Surtihadi, R.M.nidn
Nadya Arshyta, R.R.nim2010240132
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, teknik membaca, violin, viola
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:06
Last Modified: 04 Apr 2023 07:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item View Item