Youtube Sebagai Media Literasi Tehnologi Dalam pembelajaran Instrumen Di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta

Faozata Adzkia, Sagaf and Rosa Pristianti, Atika (2020) Youtube Sebagai Media Literasi Tehnologi Dalam pembelajaran Instrumen Di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Bab I Sagaf.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Bab VII Sagaf.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Sagaf Faozata Adzkia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pada era teknologi informasi sekarang ini masyarakar dapat mengakses segala rupa konten video melalui internet. Youtube sebagai salah satu situs raksasa web video sharing menyajikan berjuta konten video yang dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah. Pengguna internet dapat menonton, memuat, dan berbagi video melalui smartphone, PC, dan laptop, sebagai bentuk apresiasi dan kreasi dengan penuh gairah. Sehubungan dengan mata kuliah Praktik Instrumen Violin di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta yang berbasis seni pertunjukan, Youtube sangat bermanfaat sebagai inspirasi pembelajaran. Banyaknya konten video tutorial, konser musik, termasuk di dalamnya adalah pembelajaran violin oleh pemain professional dapat menjadi nilai tambah sebagai masukan jika mahasiswa dapat diarahkan dengan baik melalui bimbingan dosen. Permasalahan yang akan diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana Youtube dapat dijadikan referensi pembelajaran teknik dan interpretasi permainan instrumen violin, dan bagaimana pemanfaatan Youtube sebagai media literasi teknologi informasi dan komunikasi, pada capaian pembelajaran violin di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta yang ditujukan kepada masyarakat luas. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan inovasi pembelajaran pada mata kuliah Praktik Instrumen di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Target penelitian ini diantaranya: (1) Mendeskripsikan pembuatan konten video youtube hasil pembelajaran praktik instrument violin Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta; (2) Mendeskripsikan peran youtube sebagai media teknologi informasi dan komunikasi pada masyarakat dalam konteks hasil pembelajaran praktik instrument violin di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Metode penelitian yang kami usulkan ini menggunakan pendekatan interdisiplin. Memakai konsep musikal simbol auditori yang meliputi pemahaman melodi, harmoni, ritme, warna suara, struktur, dinamik, tempo, visual instrumen, penyaji musik, dan notasi. Konsep interpretasi musikal yang meliputi intelektual, sosial, budaya, artistik, fisik, emosi, dan personal. Kedua konsep tersebut sebagai pengupas objek material. Konsep literasi media sebagai pengupas objek formal. Konsep literasi media tersebut adalah dasar upaya aplikasi agar mahasiswa dapat memahami dan pemanfaatan konten media massa secara terarah melalui penguatan akses terhadap informasi, mendukung dan menumbuhkembangkan lingkungan pendidikan, menginspirasi pengembangkan akses dari berbagai sumber informasi. Pengajuan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian bertempat di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta, pada mata kuliah Praktik Instrumen Violin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. iv Hasil penelitian pertama mengenai pembuatan konten video youtube hasil pembelajaran mata kuliah praktik instrumen violin meliputi penyusunan rancangan video, konsultasi bersama kaprodi mengenai gagasan-gagasan, menyiapkan SDM/talent, melaksanakan perekaman, melaksanakan editing video, dan memposting video hasil pembelajaran praktik instrumen violin ke youtube. Hasil permasalahan yang kedua bahwa teknologi informasi dan komunikasi sangat berguna dalam perekaman hasil pembelajaran praktik instrument violin di Prodi Pendidikan Musik ISI Yogyakarta. Bentuk ketercapaian target pembelajaran dosen dan mahasiswa, melalui aktivitas tersebut dapat memberikan suatu gambaran olah pembelajaran yang terlaksana sebagai bentuk pertanggungjawaban dan sarana apresiasi bagi masyarakat. Video perekaman hasil pembelajaran merupakan sebuah informasi identitas akademik melalui mekanisme pengolahan karya perekaman, penyimpanan data audio visual hasil pembelajaran, dan penyebaran serta penyajian informasi proses dan hasil pembelajaran secara institusional. Luaran wajib dalam penelitian ini adalah telah submitted dalam jurnal nasional Jomsti (ISI Denpasar) dengan jurnal status sinta 5. Luaran tambahan adalah HKI Video Hasil Pembelajaran Praktik Instrumen Violin pada level TKT 1, dengan status sedang dilakukan pendaftaran ke Kemenkumham Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Faozata Adzkia, Sagafnip198404122019031011
Rosa Pristianti, Atikanim17101000132
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: 1. Youtube, 2. Teknologi informasi dan komunikasi, 3. Pembelajaran Violin
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 03 May 2023 01:21
Last Modified: 03 May 2023 01:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item View Item