Pembelajaran Jarak Jauh Untukperkuliahan Praktek Musik di Prodi D4 Penyajian Musik ISI Yogyakarta: Manfaat, Kekurangan dan Tantangan

Tika Setiarini, Agnes and As Shahidah, Adila (2021) Pembelajaran Jarak Jauh Untukperkuliahan Praktek Musik di Prodi D4 Penyajian Musik ISI Yogyakarta: Manfaat, Kekurangan dan Tantangan. Project Report. LPM ISI Yogyakarta.

[img] Text
FULL TEKS Agnes Tika Setiarini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN Agnes Tika Setiarini.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB VII KESIMPULAN Agnes Tika Setiarini.pdf

Download (43kB)
[img] Text
LAMPIRAN Agnes Tika Setiarini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB) | Request a copy
Official URL: http://digilib.isi.ac.id

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak untuk semua sektor kehidupan manusia secara global. Manusia dituntut untuk beradaptasi dengan era kebiasaan baru untuk tetap dapat menjalankan aktifitas dan kepentingan masing-masing. Dunia pendidikan juga dipaksa beradaptasi dengan keadaaan ini dengan melaksanakan sistem pembelajaran jarak jauh guna membatasi mobilitas tenaga pendidik dan peserta didik. Para tenaga pendidik dan pengajar dituntut untuk menyusun program pembelajaran yang kreatif dan dapat mengakomodasi peserta didik dalam situasi dan kondisi yang serba terbatas. Berdasarkan kebutuhan yang semakin mendesak, media pembelajaran online menjadi solusi untuk tetap terlaksananya proses belajar mengajar. Banyak sekali media pembelajaran dengan berbagai fitur penunjang yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar. Prodi D4 Penyajian Musik ISI Yogyakarta adalah salah satu lembaga pendidikan yang melakukan pembelajaran jarak jauh selama pandemi ini. Sebagai salah satu lembaga pendidikan vokasi yang mementingkan praktek, sistem pembelajaran jarak jauh adalah tantangan besar yang harus dihadapi. Mahasiswa di Prodi D4 Penyajian Musik ISI Yogyakarta mengikuti banyak mata kuliah praktek untuk mengasah ketrampilan bermusik mereka, seperti mata kuliah Solois, Chamber Musik, Orkestra, Instrumen Komplementer, Ansambel, Improvisasi dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui manfaat, kekurangan, dan tantangan sistem pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah praktek musik bagi mahasiswa. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan 2 metode pengumpulan data, wawancara mendalam dan kuisioner. Kuisioner akan dibagikan kepada mahasiswa aktif di Prodi D4 Penyajian Musik ISI Yogyakarta sebagai responden. Setelah itu kuisioner akan diolah dan dilaporkan dalam bentuk diagram. Diagram akan dikonfirmasi dengan hasil wawancara mendalam dengan dosen pengampu mata kuliah, kemudian diinterpretasikan manfaat, kekurangan, dan tantangan sistem pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa. Teori yang digunakan adalah tentang pembelajaran praktek musik dan konsep pembelajaran jarak jauh. Proses penarikan kesimpulan akan menggunakan konsep Miles & Huberman. Berdasarkan konsep analisis data tersebut, terdapat beberapa komponen, yaitu: (1) pemilahan hal-hal pokok dari banyaknya data yang diperoleh dari lapangan (reduksi data); (2) Hasil reduksi disajikan secara deskriptif dan dilengkapi dengan gambar-gambar pendukung (penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan (Miles & Huberman, 1984). Hasil penelitian berupa kalimat simpulan poin-poin tentang manfaat, kekurangan, dan tantangan dari metode pembelajaran jarak jauh. Simpulan ini diharapkan mampu menjadi gambaran umum bagi para dosen agar dapat menentukan metode pembelajaran jarak jauh baik dari media yang digunakan maupun dari materi yang disampaikan. Hasil penelitian ini juga akan dipublikasikan pada salah satu jurnal nasional terakreditasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Tika Setiarini, Agnesnip1991010420201220
As Shahidah, Adilanim17001440134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNizam, Akhmadnip197208282000031006
UNSPECIFIEDSahid, Nurnidn0008026208
Department: KODEPRODI91321#PENYAJIAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: pembelajaran jarak jauh, mata kuliah, praktek, musik
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 21 May 2023 10:19
Last Modified: 01 Jun 2023 06:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14164

Actions (login required)

View Item View Item