Pengaruh Model Discovery Learning pada Kuliah Sejarah Seni Terhadap Sikap Melestarikan Budaya Bangsa Mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan Isi Yogyakarta

Probosini, Agustina Ratri and Permata Heldisari, Hana and Ilham Ramadhan, Mohammad (2022) Pengaruh Model Discovery Learning pada Kuliah Sejarah Seni Terhadap Sikap Melestarikan Budaya Bangsa Mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan Isi Yogyakarta. Project Report. LPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta: Jur. Sendratasik FSP ISI Yogyakarta.

[img] Text
FULL TEKS Agustina Ratri Probosini_2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN Agustina Ratri Probosini_2022.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN Agustina Ratri Probosini_2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN Agustina Ratri Probosini_2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://digilib.isi.ac.id

Abstract

Pemahaman mendalam dan komitmen yang kuat serta konsisten terhadap prinsip dan semangat nasionalisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara perlu ditanamkan kepada seluruh komponen warga negara Indonesia, khususnya generasi muda sebagai generasi penerus. Cinta tanah air merupakan bagian dari nasionalisime, patriotisme, dan semangat nasionalisme yang diperlukan untuk mencapai cita-cita nasional dan mengembangkan eksistensi kehidupan atas dasar nilai-nilai luhur bangsa. Salah satu sikap cinta tanah air tercermin pada melestarikan budaya bangsa. Oleh karena itu, lembaga pendidikan formal memiliki peran yang penting untuk menumbuhkan karakter pada peserta didik. Telah banyak upaya yang dapat dilihat dari hasil penelitian yang telah dilakukan terkait memberikan pendidikan karakter di pembelajaran apa pun. Sama halnya di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan dengan profil lulusan guru seni budaya. Di setiap mata kuliah terdapat upaya untuk memperkuat karakter positif mahasiswa, salah satunya pada mata kuliah Sejarah Seni dengan menggunakan model discovery learning. Discovery learning merupakan salah satu pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam pelaksanaannya karena peserta didik dapat berperan seperti ilmuan untuk menemukan dan menyajikan hasil temuannya. Peran pendidik untuk menjadi fasilitator memudahkan peserta didik dalam pelaksanaan discovery learning . Discovery learning di mata kuliah Sejarah Seni. Selama pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan strategi observasi peninggalan kesenian yang ada di daerah masing-masing, wawancara dengan seniman setempat, juga melakukan studi pustaka terhadap sejarah kesenian yang akan ditemukan. Sebelum pandemi, discovery ini dilaksanakan dengan metode karya wisata untuk menyaksikan kesenian di daerah- daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap sikap melestarikan budaya bangsa pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis regresi dengan desain regresi linear sederhana yang terdapat 2 variabel, variabel bebas yaitu model discovery learning (X) dan variabel terikat yaitu melestarikan budaya bangsa (Y). Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan dengan jangka waktu penelitian selama 8 bulan. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria telah menempuh mata kuliah Sejarah Seni. Setelah didapatkan sampel, selanjutnya dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengukur ketepatan model discovery learning dan mengukur sikap melestarikan budaya bangsa. Setelah pengumpulan data, data dianalisis dengan uji asumsi klasik normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas dan homogenitas menyatakan bahwa sampel berdisitribusi normal dan homogen. Setelah itu dilakukan analisis regresei linear sederhana dengan uji t. Hasil uji hipotesis dengan uji t menyatakan bahwa terdapat pengaruh discovery learning terhadap sikap melestarikan budaya bangsa. Hasil penelitian akan dipublikasikan pada salah satu jurnal ilmiah terakreditasi Dikti misalnya yaitu Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (SINTA 3) dan dipaparkan di seminar nasional. Kata_kunci: discovery learning , sejarah seni, budaya

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Probosini, Agustina Ratrinidn0014086417
Permata Heldisari, Hananip199005292019032010
Ilham Ramadhan, Mohammadnim1910245017
Department: KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: discovery learning , sejarah seni, budaya
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 01 Jun 2023 07:03
Last Modified: 01 Jun 2023 07:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14194

Actions (login required)

View Item View Item