Suprihono, Arif Eko and Haryono, Antonius Janu and Putu Cipta Soekarno, M. Iqbal (2022) Pemetaan Materi Ajar Untuk Mengkonstruksi Silabi Mata Kuliah Dokumentasi Seni Di Lingkungan ISI Yogyakarta. Project Report. LPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta: Jur. Televisi dan Film FSMR ISI Yogyakarta.
Text
FULL TEKS Arif Eko Suprihono_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN Arif Eko Suprihono_2022.pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB VI KESIMPULAN Arif Eko Suprihono_2022.pdf Download (189kB) |
|
Text
LAMPIRAN Arif Eko Suprihono_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dokumentasi seni (seni rupa, seni pertunjukan) merupakan lahan kreatifitas penting bagi penggiat kesenian. Adalah sebuah fakta kultural bahwa karya dokumenter dalam sebuah karya, berbeda dari modalitas kreatif sinematik lainnya. Karya dokumentasi adalah wujud catatan sejarah dari peristiwa kesenian dalam produk media perekaman. Dalam karya dokumenter dikomunikasikan keberadaan karya seni, kehidupan individu seniman, peristiwa sosial politik, peristiwa pameran/pertunjukan, dan bahkan bentuk-bentuk hierarki sosial. Pada kasus dokumentasi pertunjukan merupakan pergerakan tradisi penyimpanan informasi, bergeser dari diri para seniman pelaku kesenian, selanjutnya direkam menggunakan potensi teknologi simpan data (analog maupun digital). Selama ini, setidaknya abad XXI, fakta aktivitas penelitian pertunjukan masih berpijak pada sumber tuturan (oral tradition). Akibatnya, banyak seni tradisional punah tidak dikenali lagi, lebih disebabkan oleh para seniman pelaku tidak meninggalkan jejak dokumentasi dalam kegiatan berkesenian. Penelitian dasar ini bertujuan untuk melakukan pemetaan materi mata kuliah baru, dokumentasi seni. Lembaga ISI Yogyakarta menetapkan mata kuliah baru ini sebagai bentuk antisipasi atas persoalan mendasar dalam kreativitas kesenian, khususnya pada pelestarian informasi aktivitas seni pertunjukan. Jika dikaitkan dengan perkembangan teknologi perekaman, baik dalam bentuk artefak teks, artefak visual, artefak auditif, telah banyak ditemukan teknologi. Oleh sebab demikian luasnya cakupan kerja pendokumentasian seni pertunjukan, selain juga kekhasan teknik dokumentasi, selain juga pilihan banyak peralatan teknis dokumentasi, maka perkuliahan ini perlu rencana dan pengelolaan baik. Strategi pembelajaran menjadi hal penting agar selanjutnya gerakan peduli dokumentasi seni dapat dilakukan secara massive. Peran setiap orang dalam mempedulikan dokumentasai akan sangat bermanfaat bagi masa depan. Penelitian ini menggunakan metode new-ethnography dalam mengumpulkan data, selain juga memanfaatkan data dokumen di banyak sumber rekaman. Target luaran penelitian ini berupa, silabus mata kuliah, draft e-book perkuliahan dokumentasi seni, luaran tambahan berwujud draft submit jurnal Sinta dua (Patrawidya).
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Department: | KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM | ||||||||
Uncontrolled Keywords: | dokumentasi seni, sinematografi pertunjukan, estetika sosial. | ||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | ||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | ||||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2023 08:57 | ||||||||
Last Modified: | 02 Jun 2023 08:57 | ||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14205 |
Actions (login required)
View Item |