Banindro, Baskoro Suryo and Rochman, M. Faizal and Andamari Hananto, Lintang (2022) Desain Sosial Brand Activation Komunitas Ciliwung Condet Melalui Media Virtual. Project Report. LPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta: Jur. Desain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta.
Text
FULL TEKS Baskoro Suryo Banindro_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN Baskoro Suryo Banindro_2022.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB VI KESIMPULAN Baskoro Suryo Banindro_2022.pdf Download (257kB) |
|
Text
LAMPIRAN Baskoro Suryo Banindro_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
Abstract
Desain sosial adalah penerapan metodologi desain untuk menangani masalah manusia yang kompleks, menempatkan masalah sosial sebagai prioritas. Secara historis desain sosial telah memperhatikan peran dan tanggung jawab desainer dalam masyarakat, dan penggunaan proses desain untuk membawa perubahan sosial. Penelitian lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan data faktual dan usulan pemecahan atas problem sosial yang terjadi di lapangan. Urgensi penelitian ini adalah mencari format dan landasan perancangan media virtual yang ideal. Virtual adalah bentuk komunikasi langsung tanpa bertemu secara nyata. Media virtual adalah hardware yang syarat teknologi informatika seperti smartphone, komputer, laptop, smart TV, notebook, dan netbook. Data dikumpulkan berdasarkan studi lapangan di Komunitas Ciliwung Condet (KCC), selanjutnya akan dianalisis dengan pendekatan 5W1H (What, Why, Who, When, Where, How). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian sosial, Adapun temuan yang diperoleh ialah bahwa Komunitas Ciliwung Condet (KCC) belum memiliki media dan sarana komunikasi visual yang memadai. Hasil temuan lapangan selanjutnya digunakan sebagai acuan perancangan media virtual berbasis platform Instagram (IG), Facebook (FB) dan website. Kesimpulan penelitian ini adalah, melalui project based learn dan project case study, Komunitas Ciliwung Condet (KCC) membutuhkan brand activation, yakni kegiatan komunikasi aktif dalam mempromosikan identitas sebuah institusi melalui media, yang selanjutnya dapat dituangkan melalui perancangan desain sosial secara digital virtual. Adapun Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) penelitian riset terapan ini pada skala 5. Adapun luaran penelitian yang dihasilkan adalah publikasi ilmiah jurnal Sinta 2 dan luaran KI berupa Hak Cipta.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | ||||||||
Uncontrolled Keywords: | desain sosial, brand activation, Komunitas Ciliwung Condet, media virtual | ||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | ||||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2023 13:39 | ||||||||
Last Modified: | 02 Jun 2023 13:39 | ||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14211 |
Actions (login required)
View Item |