Perancangan Interior Hotel Royal Tulip Darmo Surabaya

Nastasya Antoro, Dhea (2023) Perancangan Interior Hotel Royal Tulip Darmo Surabaya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
DHEA NASTASYA ANTORO_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
DHEA NASTASYA ANTORO_2023_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DHEA NASTASYA ANTORO_2023_BAB PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
DHEA NASTASYA A_ 2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGHIgQSg6MA8=&rs=AOn4CLB-tgQoOzGZFcquhMVkUl-WJf2uBQ
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=JdyjjUBhzIQ

Abstract

Dengan berkembangnya daerah Surabaya menjadi kota metropolitan, diimbangi pembangunan dan populasi masyarakat yang semakin bertambah, sangat menunjang gaya hidup mewah bagi masyarakatnya. Tercatat mulai tahun 2019 wisatawan yang berkunjung ke Kota Surabaya semakin bertambah baik dari dalam maupun luar negeri. Hal tersebut memicu persaingan bisnis properti semakin ketat. Salah satunya properti berupa bangunan tempat singgah sementara seperti hotel. Hotel Royal Tulip Darmo Surabaya merupakan salah satu hotel yang sangat berpotensi untuk dijadikan daya tarik wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara karena letaknya yang strategis di pusat kota. Untuk sarana pendukung pariwisata Kota Surabaya, respon lifestyle masyarakatlah yang menjadi pemicu perancangan interior ini diharapkan dapat menginterpretasikan gaya modern chic dengan disinergikan gaya hidup masa kini. Penulis merancang interior Hotel Royal Tulip Darmo Surabaya dengan pendekatan konsep rekreatif agar dapat memberikan pengalaman wisata serta menambah daya tarik para wisatawan yang datang ke kota Surabaya. Selain itu prinsip pleasure and enjoyment akan menyuguhkan suasana rekreatif bagi pengunjung dan diharapkan dapat menambah minat pengunjung untuk berlibur ke Surabaya. Pada perancangan Hotel Royal Tulip Darmo Surabaya, menggunakan metode desain yang berpedoman dengan metode Rosemary Kilmer dimana proses desain dibagi menjadi Analisis dan Sintesis yang kemudian mendapatkan feedback di setiap prosesnya. Berkaitan dengan gaya modern chic yang di angkat dapat memberikan kesan energi dan suasana kegembiraan “form follow emotion”. Konsep ini akan diterapkan pada area Resepsionis, Lobi, Restaurant, Lounge and Bar, dan Guest Room. Mengaplikasikan seni dekoratif pada dinding dengan material plaster dipadukan dengan beberapa bentuk dari pengembangan ide bentuk bunga tulip dan tari remo sehingga menghadirkan pola dan tekstur. Menghadirkan hasil bentuk dan warna pada perancangan ini sengaja tidak ada yang dominan dalam setiap ruangan dengan tujuan menunjukan identitas dari modern chic. Sehingga pada akhirnya prinsip pleasure and enjoyment akan menyuguhkan suasana rekreatif bagi pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nastasya Antoro, Dheanim1812150023
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSholahuddin, M.nidn0019107005
ContributorPramono, Bambangnidn0030087304
Department: KODEPRODI364009#DESAININTERIOR
Uncontrolled Keywords: Surabaya City, Hotel Royal Tulip Darmo, Modern Chic, recreation, pleasure and enjoyment
Subjects: Disain > Disain Interior
Kliping
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: Dhea Nastasya Antoro
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:31
Last Modified: 10 Jul 2023 01:31
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14291

Actions (login required)

View Item View Item