Hubungan Teknik Permainan Tremolo Melodi Ina dengan Preferensi Pemain Kolintang

Aray, Virgina Mariana (2023) Hubungan Teknik Permainan Tremolo Melodi Ina dengan Preferensi Pemain Kolintang. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Virgina Mariana Aray_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Virgina Mariana Aray_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Virgina Mariana Aray_2023_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Virgina Mariana Aray_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh tremolo melodi ina sebagai teknik permainan Ansambel Musik Kolintang Kayu (AMKK) terhadap preferensi pemain. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif desktriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan diskusi kelompok terarah. Observasi dilakukan untuk memperoleh data teknik-teknik yang digunakan pemain pada melodi ina. Wawancara dilakukan untuk memperoleh data terkait preferensi pemain terhadap tremolo dan teknik komplemen pada melodi ina, sedangkan diskusi kelompok terarah digunakan untuk mengevaluasi dan memastikan kevalidan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik yang membuat pemain tertarik dengan melodi ina adalah tremolo dan teknik komplemen. Preferensi pemain muncul sebagai bentuk konformitas pemain karena opini kelompok terhadap tremolo dan teknik komplemen, serta konformitas pemain terhadap informational influence yang muncul di awal proses pengenalan AMKK. Penguasaan tremolo tidak memiliki tahap yang spesifik dan pasti karena digunakan pemain dengan ataupun tanpa persiapan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kompleksitas subjektif yang dialami setiap pemain melodi ina, yang dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman musikal masing-masing. Tremolo dianggap penting karena memiliki fungsi teknis dan estetis. Secara teknis, tremolo menjadi teknik dasar yang memperjelas fungsi melodi ina sebagai pemimpin lagu. Secara estetis, tremolo mempertahankan kesan tradisional penampilan AMKK ditengah gemparnya penggunaan teknik komplemen yang dianggap lebih atraktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aray, Virgina Mariananim1921251412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyasrinestu, Fortunatanidn0023107201
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: ansambel musik kolintang kayu, kolintang, tremolo, melodi ina, preferensi, pemain kolintang, konformitas, melodi kolintang
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Virgina Mariana Aray
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:34
Last Modified: 27 Jul 2023 01:34
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14373

Actions (login required)

View Item View Item