Pengelolaan Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia "MANIFESTO VIII: TRANSPOSISI" di Galeri Nasional Indonesia Tahun 2022

Syafira Larasati, Alle (2023) Pengelolaan Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia "MANIFESTO VIII: TRANSPOSISI" di Galeri Nasional Indonesia Tahun 2022. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Alle Syafira Larasati_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text
Alle Syafira Larasati_2023_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alle Syafira Larasati_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (695kB)
[img] Text
Alle Syafira Larasati_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Alle Syafira Larasati_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Galeri Nasional Indonesia (GNI) merupakan lembaga budaya negara atau museum seni rupa modern dan kontemporer. GNI menyelenggarakan pameran MANIFESTO secara berkala sejak tahun 2008. Objek pada penelitian ini adalah Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia MANIFESTO VIII dengan tajuk “TRANSPOSISI”. Masalah dalam penelitian ini adalah pengelolaan pameran yang memerlukan perencanaan jadwal kerja yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis proses tata kelola produksi pameran yang telah dilakukan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan pameran MANIFESTO VIII dengan tajuk “TRANSPOSISI” sudah mengaplikasikan teori fungsi manajemen POAC yang terdiri dari Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating) dan Pengendalian (Controlling). Namun terdapat beberapa aspek manajemen yang belum diaplikasikan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan produksi pameran sudah dilakukan, namun pada alur pra produksi pameran yaitu pengiriman karya terjadi keterlambatan yang mengakibatkan penambahan jadwal kerja produksi pameran khususnya pada pekerjaan pemajangan karya. Pameran MANIFESTO VIII memerlukan strategi manajemen pameran yang tepat dengan merujuk pada hasil evaluasi, serta membentuk efektifitas kebijakan praktik pengelolaan pameran yang andal dan kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Syafira Larasati, Allenim1910166026
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDartanto, A. Sudjudnidn0022057604
ContributorAdya Ratna, Raden Rara Vegasarinidn0012079201
Department: KODEPRODI90302#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia MANIFESTO VIII: TRANSPOSISI, Galeri Nasional Indonesia, Manajemen POAC, Manajemen pameran.
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni
Depositing User: Alle Syafira Larasati
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:59
Last Modified: 28 Jul 2023 04:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14419

Actions (login required)

View Item View Item