Menyuarakan Kesadaran Akan Sampah Menggunakan Gaya Cinema Verite Pada Penyutradaraan Film Dokumenter “Panjang Umur Sampah”

Adila, Adila (2023) Menyuarakan Kesadaran Akan Sampah Menggunakan Gaya Cinema Verite Pada Penyutradaraan Film Dokumenter “Panjang Umur Sampah”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesi Yogyakarta.

[img] Text
Adila_2023_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
[img] Text
Adila_2023_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Adila_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Adila_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
Adila_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Begitu banyak medium untuk menyuarakan kesadaran lingkungan khususnya tentang sampah, salah satunya menggunakan film dokumenter. Film dokumenter mampu menceritakan proses, perjalanan, kisah hidup, sejarah bahkan dokumentasi apapun selama ada benang merah cerita dan keberpihakan filmmaker. Isu yang diangkat adalah darurat sampah plastik, disebabkan pengolahan sampah yang tidak efektif di Indonesia. Hal ini yang menjadi latar belakang karya ini dibuat. Sebagai bagian dari masyarakat, sosok seniman inspiratif muncul menyuarakan kesadaran lingkungan. Skripsi karya seni berjudul Menyuarakan Kesadaran Akan Sampah Plastik Menggunakan Gaya Cinema Verite Pada Penyutradaraan Film Dokumenter “Panjang Umur Sampah” berupaya menjadi medium bagi komunitas Wayang Sampah mengkampanyekan peduli lingkungan melalui seni.. Film ini hendak menguji seberapa jauh penerapan gaya Cinéma Vérite diterapkan untuk mencari fakta kejujuran melalui subjek. Melalui film dokumenter potret, proses berkampanye akan lebih ringkas dan solid karena dikemas dengan media Audio Visual yang memuat informasi, usaha-usaha, kritik sosial dan statement berkampanye versi Komunitas Wayang Sampah. Komunitas Wayang Sampah sangat cocok disutradarai menggunakan gaya Cinéma Vérite karena karakteristik pementasan yang menyuguhkan kesenian tradisional kerap dianggap sebagai Gimmick untuk berkampanye anti plastik namun justru dianggap membuat sampah baru dan memperpanjang umur sampah. Potret realita yang tergambar dari sudut pandang filmmaker mengkatalisasi subjek dengan kondisi darurat sampah plastik. Film ini menceritakan bagaimana komunitas wayang sampah menyuarakan kepedulian tentang lingkungan di tengah siklus industrialisasi / kapitalisme yang terus menerus memproduksi kemasan plastik sekali pakai. Kehadiran filmmaker dan subjektivitasnya menjadi penting dalam berjalannya cerita pada film ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adila, Adilanim1910971032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWidyasmoro, Agnesnidn0006057806
ContributorNain Febri, I Wayannip198802092019031008
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: Cinéma Vérité, Kampanye, Komunitas Wayang Sampah, Kesenian
Subjects: Audio Visual
Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: ADILA ADILA
Date Deposited: 04 Aug 2023 05:46
Last Modified: 04 Aug 2023 05:46
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14475

Actions (login required)

View Item View Item