"Dragon Capricorn" Komposisi Musik berdasarkan Karaktertistik Zodiak Capricorn pada Astrologi Barat dan Shio Naga pada Astrologi Cina

Adine Prastyandari, Fredlina (2023) "Dragon Capricorn" Komposisi Musik berdasarkan Karaktertistik Zodiak Capricorn pada Astrologi Barat dan Shio Naga pada Astrologi Cina. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Fredlina Adine Prastyandari_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Fredlina Adine Prastyandari_2023_BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fredlina Adine Prastyandari_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fredlina Adine Prastyandari_2023_LAMPIRAN1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Fredlina Adine Prastyandari_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Audio
Fredlina Adine Prastyandari_2023_LAMPIRAN2.mp3
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Video
Fredlina Adine Prastyandari_2023_LAMPIRAN3.wmv
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Karya “Dragon Capricorn” disusun berdasarkan ketertarikan penulis terhadap zodiak pada kedua astrologi Barat dan Cina. Pemilihan zodiak pada kedua astrologi tersebut dipilih berdasarkan zodiak dan shio yang dimiliki penulis, yaitu zodiak Capricorn dan shio Naga. Karya musik “Dragon Capricorn” memiliki makna atau tujuan untuk mengetahui bagaimana representasi karakter zodiak Capricorn pada astrologi barat dan zodiak pada astrologi Cina yang dituangkan ke dalam karya musik. Karya musik ini juga disusun dengan konsep penggabungan dari kedua unsur musik diatonis barat dan pentatonik Cina dan penulis bermaksud untuk mengetahui hasil dari penggabungan tersebut. Penulis menggunakan beberapa metode dalam menyusun karya musik “Dragon Capricorn”. Tahap awal merupakan pengamatan atau observasi mengenai informasi dari berbagai sumber buku, jurnal, artikel, serta karya musik untuk menentukan ide penciptaan yang dikembangkan dari ketertarikan di awal terhadap zodiak pada astrologi barat. Penentuan judul karya musik yang diambil dari zodiak dan shio milik penulis merupakan tahap selanjutnya. Karya musik “Dragon Capricorn” juga disusun melalui konsep dan perancangan sketsa dasar musik, serta penentuan instrumentasi. Tahapan terakhir, penulis melakukan penggarapan detail karya musik “Dragon Capricorn”. Karya musik “Dragon Capricorn” mengusung tema astrologi yang sudah dianut oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Hal tersebut menjadikan karya musik ini termasuk dalam jenis musik program ideasional yang memiliki konsep filosofis dan psikologis. Karya musik ini terdiri dari tiga gerakan dengan menggunakan format ansambel campuran. Instrumen yang digunakan dalam format tersebut dipilih berdasarkan timbre yang mirip dengan instrumen tradisional Cina. Penulis menggunakan konsep tersebut sebagai pendukung representasi karakter yang dihasilkan melalui teknik permainan, perbedaan dinamika, timbre, pemilihan tangga nada, dan hal lainnya yang mendukung terciptanya makna tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adine Prastyandari, Fredlinanim19101540133
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavia Rosiana Dewi, Marianidn0012107702
ContributorPramuditya, Puputnidn0003118907
Department: KODEPRODI002005#PENCIPTAAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: zodiak, shio, ansambel campuran, transformasi.
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Fredlina Adine Prastyandari
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:32
Last Modified: 31 Jul 2023 01:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14486

Actions (login required)

View Item View Item