Hanan, Hanifah (2023) Program "Pekan Ceria" sebagai Upaya Pemasaran Wisata Edukasi Seni di Kampung Dongeng Tangerang Selatan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Hanifah Hanan_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
Hanifah Hanan_2023_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Hanifah Hanan_2023_BAB PENUTUP.pdf Download (217kB) |
|
Text
Hanifah Hanan_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Hanifah Hanan_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
Abstract
Kampung Dongeng Kota Tangerang Selatan adalah sebuah wisata edukasi seni yang diinisiasikan oleh pendongeng Indonesia, Mochamad Awam Prakoso pada 18 Mei 2009 di Ciputat, Tangerang Selatan. Satu-satunya wisata edukasi seni di Kota Tangerang Selatan, Kampung Dongeng berupaya melestarikan budaya mendongeng ini dengan bergerak bersama program Pekan Ceria yang menjadi sarana rekreasi bagi anak-anak lingkungan sekitar, sehingga anak-anak dapat bermain dan belajar dengan metode mendengarkan dongeng bersama-sama. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan dan upaya pemasaran program Pekan Ceria yang dilakukan oleh Kampung Dongeng Kota Tangerang Selatan. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini untuk mendukung penggunaan teori manajemen POAC dan strategi pemasaran STP, pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mendapatkan hasil pada pengelolaan program Pekan Ceria dilakukan empat tahapan, yaitu; (1) perencanaan (planning): penentuan konsep, sumber dana, dan SDM; (2) pengorganisasian (organizing): pembagian divisi kerja secara bergilir dan sesuai kemampuan; (3) pelaksanaan (actuating): pra-acara (rapat), pelaksanaan acara dan pengarahan; dan (4) pengendalian (controlling): evaluasi performa penampil. Pemasaran program ini terbagi atas segmen pasar usia TK-SD, kelas menengah ke bawah, dan warga sekitar. Target berupa anak usia SD yang ingin menjadi anggota Pekan Ceria dan melakukan kunjungan, serta Kampung Dongeng memosisikan diri sebagai satu-satunya wisata dengan program seni mendongeng di Tangerang Selatan. Berdasarkan penelitian, dapat terlihat bahwa Kampung Dongeng Kota Tangerang Selatan telah menerapkan empat prinsip manajemen sederhana ke dalam pengelolaan program yang dilakukan dan memanfaatkan strategi STP sebagai penunjang pemasaran program.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90302#TATA KELOLA SENI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | manajemen, strategi pemasaran, wisata edukasi seni | |||||||||
Subjects: | Tata kelola seni | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni | |||||||||
Depositing User: | Hanifah Hanan | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2023 04:46 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2023 04:46 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14516 |
Actions (login required)
View Item |