Program "Pekan Ceria" sebagai Upaya Pemasaran Wisata Edukasi Seni di Kampung Dongeng Tangerang Selatan

Hanan, Hanifah (2023) Program "Pekan Ceria" sebagai Upaya Pemasaran Wisata Edukasi Seni di Kampung Dongeng Tangerang Selatan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Hanifah Hanan_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Hanifah Hanan_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hanifah Hanan_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Hanifah Hanan_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Hanifah Hanan_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Kampung Dongeng Kota Tangerang Selatan adalah sebuah wisata edukasi seni yang diinisiasikan oleh pendongeng Indonesia, Mochamad Awam Prakoso pada 18 Mei 2009 di Ciputat, Tangerang Selatan. Satu-satunya wisata edukasi seni di Kota Tangerang Selatan, Kampung Dongeng berupaya melestarikan budaya mendongeng ini dengan bergerak bersama program Pekan Ceria yang menjadi sarana rekreasi bagi anak-anak lingkungan sekitar, sehingga anak-anak dapat bermain dan belajar dengan metode mendengarkan dongeng bersama-sama. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan dan upaya pemasaran program Pekan Ceria yang dilakukan oleh Kampung Dongeng Kota Tangerang Selatan. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini untuk mendukung penggunaan teori manajemen POAC dan strategi pemasaran STP, pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mendapatkan hasil pada pengelolaan program Pekan Ceria dilakukan empat tahapan, yaitu; (1) perencanaan (planning): penentuan konsep, sumber dana, dan SDM; (2) pengorganisasian (organizing): pembagian divisi kerja secara bergilir dan sesuai kemampuan; (3) pelaksanaan (actuating): pra-acara (rapat), pelaksanaan acara dan pengarahan; dan (4) pengendalian (controlling): evaluasi performa penampil. Pemasaran program ini terbagi atas segmen pasar usia TK-SD, kelas menengah ke bawah, dan warga sekitar. Target berupa anak usia SD yang ingin menjadi anggota Pekan Ceria dan melakukan kunjungan, serta Kampung Dongeng memosisikan diri sebagai satu-satunya wisata dengan program seni mendongeng di Tangerang Selatan. Berdasarkan penelitian, dapat terlihat bahwa Kampung Dongeng Kota Tangerang Selatan telah menerapkan empat prinsip manajemen sederhana ke dalam pengelolaan program yang dilakukan dan memanfaatkan strategi STP sebagai penunjang pemasaran program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Hanan, Hanifahnim1910173026
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorAri Ratnaningtyas, Yohananidn0005027304
ContributorPradita Putra, Trisnanidn0005108608
Department: KODEPRODI90302#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: manajemen, strategi pemasaran, wisata edukasi seni
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni
Depositing User: Hanifah Hanan
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:46
Last Modified: 31 Jul 2023 04:46
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item