Vita Ismawar Prabowo, Ribka (2023) "Senandung Romansa" Komposisi Ansambel Gesek dan Perkusi Berdasarkan Interpretasi Kisah Cinta Ribka dan Ishak dalam Alkitab. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
RIBKA VITA ISMAWAR P_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
RIBKA VITA ISMAWAR P_2023_BAB 1.pdf Download (1MB) |
||
Text
RIBKA VITA ISMAWAR P_2023_BAB PENUTUP.pdf Download (281kB) |
||
Other (Full Score)
RIBKA VITA ISMAWAR P_2023_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
||
Text
RIBKA VITA ISMAWAR P_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) | Request a copy |
||
|
Video
maxresdefault.jpg Download (48kB) | Preview |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
“Senandung Romansa” adalah sebuah komposisi musik program naratif berdasarkan interpretasi kisah cinta Ribka dan Ishak dalam Alkitab Perjanjian Lama. Leitmotif dan unsur musik Timur Tengah merupakan rumusan ide penciptaan dari karya musik “Senandung Romansa”. Leitmotif digunakan sebagai unsur musikal untuk merepresentasikan interpretasi kisah cinta Ribka dan Ishak. Unsur musik Timur Tengah diimplementasikan untuk memperkuat latar tempat kisah cinta Ribka dan Ishak. Komposisi musik “Senandung Romansa” melewati beberapa langkah pada proses penciptaan seperti perumusan ide penciptaan dan penentuan judul, observasi kisah cinta Ribka dan Ishak, observasi unsur musikal, observasi tangga nada, dan observasi kajian karya referensi. Obervasi yang dilakukan menghasilkan ditetapkannya penggunaan instrumen dan salah satu tangga yang berasal dari Timur Tengah. Langkah-lahkah lainnya yaitu penentuan instrumen, eksplorasi, penentuan konsep, penggarapan detail, serta penulisan notasi dilakukan sesuai dengan hasil dari tahap observasi. Terdapat tiga gerakan pada karya musik “Senandung Romansa” yaitu Gerakan I “Pencarian”, Gerakan II “Pertemuan”, dan Gerakan III “Penyatuan”. Penerapan leitmotif pada masing-masing gerakan dilakukan sebagai representasi dari interpretasi terhadap kisah Cinta Ribka dan Ishak. Implementasi unsur musik Timur Tengah terdapat pada Gerakan I “Pencarian” dan Gerakan III “Penyatuan” melalui tangga nada Ahavah-Rabbah dan instrumen rebana dan tambourin. Gerakan II “Pertemuan” menggunakan tangga nada mayor dan tidak terdapat implementasi unsur musik Timur Tengah. Penggunaan dua tangga nada yang berbeda menjadi keunikan pada komposisi “Senandung Romansa” karena menghasilkan dua suasana yang kontras dalam sebuah karya musik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ribka dan Ishak, musik program naratif, leitmotif, unsur musik Timur Tengah | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik Penciptaan dan pengkajian seni |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Ribka Vita Ismawar Prabowo | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2023 10:23 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:23 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14544 |
Actions (login required)
View Item |