Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Seni Shalawat Badui Sawung Galing di Dusun Gandok Kapanewon Ngemplak Kabupaten Sleman

Prihantara, Cahya (2023) Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Seni Shalawat Badui Sawung Galing di Dusun Gandok Kapanewon Ngemplak Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Cahya Prihantara_2023_BAB I.pdf

Download (918kB)
[img] Text
Cahya Prihantara_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Cahya Prihantara_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
Cahya Prihantara_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kesenian berfungsi sebagai media pendidikan dan pelajaran, yang didalamnya tersimpan nilai-nilai pendidikan dan nilai-nilai luhur dan pesan moral yang bermanfaat untuk menjalani kehidupan di dunia serta bekal di akhirat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai religius dalam seni shalawat Badui Sawung Galing di Dusun Gandok Kapanewon Ngemplak Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif objek penelitian ini Seni Shalawat Badui Sawung Galing di Dusun Gandok Kapanewon Ngemplak Kabupaten Sleman. Subjek penelitian ini yaitu pelatih, pelaku seni, Seni Shalawat Badui Sawung Galing dan sesepuhnya. Data dikumpulkan melalui catatan lapangan, observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis konten. Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis konten melalui tahapan validasi analisis data, validasai data mengunakan triangulasi teknik, sedangkan analisis data mengunakan pengurangan data, analisis. Hasil penelitian Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Seni Shalawat Badui Sawung Galing di Dusun Gandok Kapanewon Ngemplak Kabupaten Sleman sangat membantu pembentukan karakter anak-anak dusun Gandok dan masyarakat dusun Gandok. Ada lima dimensi dari nilai religius pada seni shalawat Badui Sawung Galing yaitu aspek keyakinan, aspek peribadatan, aspek penghayatan, aspek pengetahuan dan aspek pengalaman, yang terdapat dalam syair, tari, alat musik, tata rias dan busana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Prihantara, Cahyanim1910231017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIswantara, Nurnidn 001906640
ContributorPermata Heldisari, Hananidn0029059003
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan karakter religius; seni shalawat Badui Sawung Galing; deskripsi kualitatif.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Cahya Prihantara
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:11
Last Modified: 02 Aug 2023 01:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item