Perancangan Buku Panduan Mencintai Diri Sendiri Sebagai Media Edukasi Bagi Remaja Putri

Idzni Azzura, Amalia (2023) Perancangan Buku Panduan Mencintai Diri Sendiri Sebagai Media Edukasi Bagi Remaja Putri. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Amalia Idzni Azzura_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Amalia Idzni Azzura_2023_BAB 1.pdf

Download (873kB)
[img] Text
Amalia Idzni Azzura_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (134kB)
[img] Image
Amalia Idzni Azzura_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Amalia Idzni Azzura_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini, remaja putri rentan terhadap rasa tidak aman (insecure) karena masa transisi mereka. Penggunaan media sosial yang berlebihan mempengaruhi penurunan rasa percaya diri. Remaja sering membandingkan diri mereka dengan orang lain di sosial media dan mengabaikan aspek positif diri sendiri. Perasaan tidak aman juga disebabkan oleh penilaian rendah terhadap diri sendiri dan tekanan dari teman sebaya. Kurangnya kesadaran untuk mencintai diri sendiri dapat berdampak buruk pada kesejahteraan mental remaja. Maka, diperlukan motivasi untuk menjalani proses self love yang dapat diperoleh dari perancangan buku panduan ini. Tujuan yang ingin dicapai yaitu merancang buku panduan mencintai diri sendiri sebagai media edukasi bagi remaja putri. Proses ini akan menggunakan metode analisis 5W+1H serta berbagai sumber literatur yang menghasilkan suatu perancangan buku panduan “Self Love, Sebuah Panduan Untuk Mencintai Diri Sendiri” bagi remaja putri. Buku panduan ini berisi penjelasan dan langkah-langkah singkat serta motivasi mengenai self love yang dilengkapi dengan ilustrasi berwarna mencolok yang memberikan kesan playful. Perancangan ini masih memiliki banyak kekurangan, namun diharapkan buku panduan ini dapat menjadi salah satu sumber bagi remaja putri dalam mengembangkan hubungan yang sehat dengan diri sendiri. Kata kunci: Buku Petunjuk, Remaja Putri, Mencintai Diri sendiri.   ABSTRACT Nowadays, teenage girls are vulnerable to insecurity due to their transitional phase. Excessive use of social media affects the decline of their self-confidence. Teenagers often compare themselves to others on social media and overlook their own positive aspects. Insecurity is also caused by low self-esteem and peer pressure. Lack of awareness to love oneself can lead to a negative impact on their mental health. Therefore, motivation is needed to undergo the process of self-love, which can be obtained from the design of this guidebook. The goal of this design process was to design a self-love guidebook as an educational medium for teenage girls. This process used the 5W+1H analysis method and various literary sources to produce the guidebook titled “Self Love, Sebuah Panduan Untuk Mencintai Diri Sendiri” for teenage girls. The created guidebook contains explanations, concise steps, and motivational content about self-love, accompanied by vibrant illustrations that give a playful impression. This design still has many shortcomings, but it is hoped that this guidebook can become a source for teenage girls to develop a healthy relationship with themselves. Keywords: Guidebook, Teenage Girls, Self Love.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Idzni Azzura, Amalianim1610191124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
ContributorWidowati, Heningtyasnidn0024017704
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Buku Petunjuk, Remaja Putri, Mencintai Diri sendiri.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: AMALIA IDZNI AZZURA
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:22
Last Modified: 11 Aug 2023 07:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14652

Actions (login required)

View Item View Item