Jalan, Berjalan, Perjalanan Karya Mila Rosinta: Representasi Konstruksi Tubuh Perempuan dalam Karya Tari

Yarno Putri, Yulistia (2023) Jalan, Berjalan, Perjalanan Karya Mila Rosinta: Representasi Konstruksi Tubuh Perempuan dalam Karya Tari. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Yulistia Yarno Putri_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Yulistia Yarno Putri_2023_BAB I.pdf

Download (888kB)
[img] Text
Yulistia Yarno Putri_2023_BAB V.pdf

Download (408kB)
[img] Text
FORM-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Kajian ini menganalisis karya Jalan, Berjalan, Perjalanan oleh Mila Rosinta sebagai representasi konstruksi tubuh perempuan dalam karya tari. Karya tari Jalan, Berjalan, Perjalanan (2022) merupakan pembaruan karya tari Drupadi (2018), yang sekaligus menelaah kembali ide konsep karya tersebut dengan menyandingkan sosok Drupadi dengan konstruksi tubuh-tubuh perempuan milenial saat ini. Melalui kajian ini tanda-tanda yang muncul dalam setiap bagian karya Jalan, Berjalan, Perjalanan diuraikan untuk menunjukkan konstruksi tubuh perempuan yang juga merespons berdasarkan pengalaman tubuh para penarinya melalui berbagai tanda yang dihadirkan dalam karya. Menggunakan teori hermeneutika menurut Hans-George Gadamer yang dipahami sebagai ilmu yang mempelajari cara menafsirkan atau menginterpretasikan suatu hal atau peristiwa. Serta teori semiotika menurut Roland Barthes yang mencetuskan model analisis tanda signifikasi dua tahap dan membaginya ke dalam denotasi dan konotasi. Metode yang digunakan dalam kajian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif berarti mendapatkan data secara kualitatif, kemudian menuliskannya secara deskriptif. Penulis sebagai instrumen utama dalam penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan cara observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur, serta melalui dokumen karya tari Jalan, Berjalan, Perjalanan. Data yang terkumpul kemudian direduksi dan disajikan dalam penulisan ini ke dalam lima bab, terdiri atas pendahuluan, tinjauan pustaka dan landasan teori, metode penelitian, pembahasan, dan penutup. Karya Jalan, Berjalan, Perjalanan oleh Mila Rosinta sebagai representasi konstruksi tubuh perempuan dalam karya tari merefleksikan sosok Drupadi sebagai keberangkatannya. Tanda-tanda yang dihadirkan merujuk pada keberanian memilih jalan hidup dan melalui banyak peristiwa. Sosok Drupadi yang berani menyuarakan haknya jika disandingkan dengan perempuan-perempuan saat ini berarti memberi kesempatan untuk bebas dari kuasa dengan memegang penuh kendali atas pilihan hidupnya. Ini menunjukkan kekuatan tubuh perempuan mesti diimbangi dukungan dari orang sekitar (terutama sesama perempuan) yang dapat menerima dan merangkul untuk terus menjalani kehidupannya. Kata kunci: karya tari, konstruksi, tubuh perempuan, representasi, analisis tanda

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yarno Putri, Yulistianim2121389412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartiara, Rinanidn0036609
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI
Uncontrolled Keywords: karya tari, konstruksi, tubuh perempuan, representasi, analisis tanda
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Yulistia Yarno Putri
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:27
Last Modified: 04 Aug 2023 06:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item View Item