Perancangan Board Game Edukatif sebagai Media Pembelajaran Lagu Daerah Jawa untuk Siswa Sekolah Dasar Usia 9-11 Tahun

Amalia, Lisa (2023) Perancangan Board Game Edukatif sebagai Media Pembelajaran Lagu Daerah Jawa untuk Siswa Sekolah Dasar Usia 9-11 Tahun. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Lisa Amalia_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Lisa Amalia_2023_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lisa Amalia_2023_BAB 5.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Lisa Amalia_2023_NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Image
Lisa Amalia_2023_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63MB) | Request a copy
[img] Text
Lisa Amalia_2023_SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Berkembangnya teknologi dan informasi yang begitu pesat membawa banyak perubahan pada kebudayaan Indonesia, termasuk lagu daerah yang popularitasnya kian tergerus oleh keberadaan berbagai jenis lagu modern atau viral saat ini. Anak-anak, sebagai generasi penerus bangsa justru memiliki minat yang cenderung rendah terhadap lagu daerah. Meski lagu tersebut sudah diperkenalkan secara formal sejak lingkungan sekolah dasar, minimnya jam pelajaran telah mengurangi intensitas pembiasaan lagu daerah, sehingga dibutuhkan media alternatif menarik yang cocok digunakan dalam lingkungan sekolah dan dapat membekas di ingatan anak. Board game menjadi salah satu bentuk gim yang diangkat karena mampu membantu menciptakan lingkungan sosial yang hidup melalui interaksi antar pemain secara langsung, dimana hal ini selaras dengan sifat yang cenderung suka bermain secara kelompok. Data di dalam perancangan ini dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara, serta jurnal dan website untuk mengetahui preferensi visual dan mekanik gim yang sesuai. Metode design thinking serta MDA Framework digunakan dalam perancangan untuk memudahkan proses pembuatan konsep gim. Hasil akhir dalam perancangan ini berupa prototipe satu set board game lengkap dengan komponennya yaitu bidak, papan permainan, kartu, lembar perhitungan skor, serta lembar panduan dalam bermain yang disajikan dalam visual yang menarik dan aturan yang dapat dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Amalia, Lisanim1812505024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGogor Bangsa, Petrusnidn0006017002
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Lagu Daerah Jawa, Edukatif, Media Pembelajaran, Board Game
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Lisa Amalia
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:19
Last Modified: 04 Aug 2023 06:19
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14690

Actions (login required)

View Item View Item